Text
Strategi Pemasaran Produk “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Lembaga PeduliSiswa Pada Nasabah di BMT Sidogiri cabang Pasean
ABSTRAK
Samhaji, 2018, Strategi Pemasaran Produk “Strategi Pemasaran Produk Tabungan Lembaga PeduliSiswa Pada Nasabah di BMT Sidogiri cabang Pasean, Skripsi, Program Studi Perbankkan Syariah (PBS), Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing Sakinah, M.EI.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Tabungan Peduli Siswa
Strategi Pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis mengharapkan untuk mencapai tujuan pemasaran, dalam hali ini perusahaan menentukan konsumen mana yabg akan dipilih untuk dilayani, selanjutnya mengelompokkan pasar dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil dan melayani yang menguntungkan, tabungan peduli siswa merupakan salah satu produk tabungan yang digunakan untuk mengajak lembaga pendidikan dan pelajar peduli terhadap lembaga keuangan (BMT Sidogiri) sebagai pendorong kesejahteraan ekonomi rakyat sehinnggga terbentunya sesuatu kehidupan yang bahagia dan sejahtera di dunia dan di akhirat. Tabungan lembaga peduli sisiwa bukan mencari keuntungan semata, akan tetapi mempunyai tujuan membentuk pelajar yang baik, hemat, dan berbudi luhur.
Berdasarkan hal tersebut ada dua fokus yang dujadikan penelitian, yaitu bagaimanakah strategi pemasaran produk tabungan lembaga peduli siswa pada nasabah di BMT Sidogiri Cabang Pasean.dan apakah strategi pemasaran produk tabungan lembaga peduli siswa sesuai syariah. Dan apakah kendala yang dihadapi BMT Sidogiri cabang pasean dalam memasarkan produk tersebut. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif, sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasinya adalah karyawan dan mitra BMT Sidogiri cabang Pasean. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan pengecekan, perpancangan keikutsertaan, ketekunan peneliti, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi pemasaran produk tabungan lembaga peduli siswa di BMT Sidogiri cabang Pasean, dengan dijalankannya strategi pemasaran dengan sosialisasi langsung kesetiap lembaga di BMT Sidogiri, lembaga pendidikan di pasean antusias bergabung menjadi mitra di BMT Sidogiri Pasean, sebab masyararkat yang awalnya tidak mengerti bahkan kurang peduli apa itu BMT beserta produknya, kini telah memahami BMT beserta produknya yang ditawarkan berlandaskan syariah. Dari situlah banyak lembaga pendidikan yang mengerti dan peduli terhadap BMT Sidogiri pasean, dan strategi pemasaran produk ini telah sesuai dengan syariah Islam, BMT Sidogiri lembaga keuangan syariah yang mana aktivitas setiap harinya harus sesuai dengan syariah Islam. BMT Sidogiri selalu menerapkan karateristik syariah kepada karyawan yakni jujur, ikhlas dan adil dalam memeberikan pelayanan ke setiap nasabah baik dia orang kaya atau orang miskin, baik muslim atau nonmuslim. Dan di bmt sidogiri selalu menggunakan akad syariah dalam melakukakn transaksi setiap hari. kendala yang dihadapi adalah masyarakat masih meragukan kenerja BMT Sidogiri Pasean untuk bergabung menjadi mitra karena takut suatu saat ketika sudah bergabung, BMT akan megalami kolaps atau bangkrut. Namun walaupun ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menjalankan strategi pemasaran sangat dirasakan sekali, yang awal berdirinya belum ada yang mengerti bahkan mengenalnya setelah mengadakan stretegi pamasaran dengan sosialisasi langsung sekarang sudah ada beberapa lembaga pendidikan yang bergabung.
Tidak tersedia versi lain