Text
PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AT-TAUFIQIYAH DESA AENGBAJA RAJA BLUTO SUMENEP
ZaimatulQamariyah, 2018, Pemanfaatan Media Internet dalamPembelajaranPendidikan Agama Islam di SekolahMenengahKejuruan At-TaufiqiyahAeng Baja Raja BlutoSumenep,Sikripsi, Program Studi PAI, FakultasTarbiyah, Pembimbing : Dr. Mohammad ThohaM.Pd.I
Kata Kunci: Media Internet
Perkembanganilmupengetahuandanteknologisemakinmendorongupaya-upayapembaharuandalampemanfaatanhasil-hasilteknologidalam proses belajar. untukPembelajaran internet mempermudahdalamkegiatanpembelajaranuntukmendapatkaninformasi yang lebihluas.
Berdasarkanhaltersebut, makaadatigafokus yang menjadikajianpokokdalampenelitianini, yaitu: pertama,Bagaimanapelaksanaanpemanfaatan media internet dalampembelajaranpendidikan agama islam di sekolahmenengahkejuruan at-taufiqiyahaengbaja raja blutosumenep; kedua, Apa sajakendalapemanfaatan media internet dalampembelajaranpendidikan agama islam di sekolahmenengahkejuruan at-taufiqiyahaengbaja raja blutosumenep;ketiga,bagaimanacaramengatasikendalapemanfaatan media internet dalampembelajaranpendidikan agama islam di sekolahmenengahkejuruan at-taufiqiyahaengbaja raja blutosumenep.
Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenisdeskriptif.Sumber data yang diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Informannyaadalahkepalasekolah, guru dansiswa.Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiperpanjangankeikutsertaan, ketekunanpengamatandantriangulasi.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: pertama,pemebelajaranpendidikan agama islammenggunakan media internet cukupefektif. Hal inidilihatdarisiswa yang terlihatsangatantusiasselamamengikuti proses pembelajarandanjugamempermudah guru dalam proses pembelajaran; kedua,kendalaatauhambatandalampemanfaatan media internet olehjaringanwi-fi yang tidakmemadaisehinggamengganggudalam proses pembelajaranberlangsung. Selainitujugakendalapengajar yang kurangmampudalammengkondisikankelas.Sehinggamasihadasebagaiansiswa yang kurangfokusdalammengikutipembelajaran.ketiga;caramengatasikendalapemanafaatan media internet menggunakan modem dansebagai guru harusmampudalammengelolakelas agar siswabisalebihefektifdalammengikuti proses pembelajaran.
Agar proses danhasilbelajarsantrilebih optimal makadiperlukanmotivasiataudorongandariberbagaipihakdi lingkungansekolah.Karenawaktu yangterbilangtidakbanyak, maka diluarsekolahpunjugadibutuhkanpembimbing yang tetapmemperhatikanbelajarsantrisecara informal.Sehinggabelajartidakhanyadialami di dalamkelassaja, namun di luarkelaspunparasantridapatbelajardanmendapatilmupengetahuan yang bermanfaat.
Tidak tersedia versi lain