Text
KORELASI MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL TERHADAP BUDAYA TOLERANSI SISWA DI SMK MIFTAHUL QULUB POLAGAN GALIS PAMEKASAN TAHUN 2018
ABSTRAK
Fifi Rahman, 2018, Korelasi Manajemen Pendidikan Berbasis Multikultural Terhadap Budaya Toleransi Siswa di SMK. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, Skripsi, Program Studi MPI, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : Dr. H. Nor Hasan, M. Ag.
Kata Kunci : Manajemen Pendidikan, Multikultural, Budaya Toleransi, Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengelolaan pendidikan yang berbasis multikultural sehingga menyebabkan menurunnya sikap toleransi di kalangan siswa.
Terdapat dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama: ada tidaknya Korelasi Manajemen Pendidikan Berbasis Multikultural Terhadapa Budaya Toleransi Siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, kedua: seberapa besar Pengaruh Manajemen Pendidikan Berbasis Multikultural Terhadap Budaya Toleransi Siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis product moment, yaitu mencari korelasi variabel X terhadap variabel Y, yang termasuk variabel X adalah Manajemen Pendidikan Berbasis Multikultural sedangnkan variabel Y adalah Budaya Toleransi Siswa. Sampel yang diteliti adalah siswa SMK. Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, yang berjumlah 38 siswa. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Dari hasil data yang menggunakan metode statistik dengan rumus product moment diperoleh angka sebesar 0,417. Setelah dibandingkan r tabel harga kritik product moment dimana pada N = 38 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0,320 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,413. Dengan demikian maka hipotesis alternatif yang diajukan penulis yang menyatakan bahwa Ada Korelasi Manajemen Pendidikan Berbasis Multikultural Terhadap Budaya Toleransi Siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan. Diterima. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar Korelasi Manajemen Pendidikan Berbasis Multikultural Terhadap Budaya Toleransi Siswa di SMK Miftahul Qulub Polagan Galis Pamekasan, diketahui dengan membandingkan r hitung yaitu 0,417 dengan r tabel harga kritik product moment, diketahui r tabel harga kritik pada N = 38 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai sebesar 0,320 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai sebesar 0,413, dan apabila dibandingkan dengan nilai r tabel product moment, maka nilai r hitung tersebut lebih besar dari pada nilai r tabel product moment, berarti nilai r hitung cukup signifikan.
Tidak tersedia versi lain