Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK SERTA HARGA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BMT-UGT SIDOGIRI KANTOR KAS BANDARAN KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN
ABSTRAK
Winda Junaidi, 2018 “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk serta Harga Terhadap kepuasan Nasabah di BMT-UGT Sidogiri Kantor Kas Bandaran Kecamatan Tlanakan kabupaten Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolan Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Nasabah
Persaingan dalam dunia bisnis di era globalisasi ini mengalami persaingan yang cukup ketat, terutama dalam bidang jasa keuangan. Untuk mampu bersaing diperlukan adanya pelayanan yang baik dan produk yang bermutu serta harga atau bagi hasil yang memuaskan bagi anggota koperasi. Dengan pelayanan, produk dan harga yang sesuai dengan keinginan nasabah atau anggota akan berdampak baik bagi lembaga keuangan. Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu: pertama, untuk menganalisis seberapa besar pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk serta Harga terhadap kepuasan nasabah di BMT-UGT Sidogiri Kantor Kas Bandaran. Kedua, untuk menganalisis variabel apa yang berpengaruh dan dominan terhadap kepuasan nasabah di BMT-UGT Sidogiri Kantor Kas Bandaran Kecamatan Tlankan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear berganda, dan bantuan alat analisis SPSS versi 16. Jenis data yakni data primer. Respondennya 94 anggota di BMT-UGT Sidogiri Kantor Kas Bandaran. Isntrumen yang digunakan dalam pengumpulan data ini yaitu, kuesioner (angket), pembuktian hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, uji f, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan nasabah sedangkan variabel produk tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Hasil analisis uji t diketahui ttabel 1,670 telah menunjukkan bahwa nilai variabel kualitas pelayanan (7,704) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,10 dan produk (1,527) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,10 serta harga (14,863) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,10 dalam artian variabel kualitas pelayanan dan harga secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji f memperoleh fhitung sebesar 272,453 > ftabel 2,18 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,10 menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan produk serta harga secara simultan berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil koefisien determinasi dalam variabel independen menjelaskan variabel dependen sebesar 92,9%, sedangkan sisanya (100% ─ 92,9% = 7,1%) dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam analisis penelitian ini.
Dilihat dari penghitungan analisis diatas menyatakan bahwa ketiga variabe X seluruhnya berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Dan yang paling besar berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yaitu pada variabel Harga.
Tidak tersedia versi lain