Text
PENGARUH SISTEM E-LEARNING SEBAGAI KOMPLEMEN MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR (MASTERY LEARNING) MAHASISWA PAI TAHUN AJARAN 2016 STAIN PAMEKASAN
A B S T R A K
Zainab, Siti. 2018, Pengaruh Sistem E-Learning Sebagai Komplemen Mata Kuliah Aplikasi Komputer Terhadap Peningkatan Ketuntasan Belajar (Mastery Learning) Mahasiswa PAI Tahun Ajaran 2016 STAIN Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr. Mohammad Thoha, M.Pd.I.
Kata kunci: Sistem E-learning, Ketuntasan Belajar (Mastery Learning)
E-Learning merupakan sistem pembelajaran yang telah membawa pengaruh terjadinya proses tranformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, E-learning juga didefinisikan sebagai penerapan pembelajaran bebrbasis web (web based learning), pembelajaran berbasis komputer (computer based learning), kelas virtual atau kelas digital (virtual classroom or digital classroom). Definisi ini bervariasi tergantung penyelenggara kegiatan e-learning tersebut dan bagaimana cara menggunakannya termasuk apa tujuan penggunaannya. Ketuntasan dalam belajar merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang mempersyarakatkan peserta didik menguasai secara tuntas seluruh standar kompetensi maupun kompetensi mata pelajaran tertentu.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama adakah pengaruh sistem e-learning terhadap ketuntasan belajar (mastery learning) Mahasiswa PAI Tahun Ajaran 2016 STAIN Pamekasan?. Kedua, Seberapa besar pengaruh sistem e-learning terhadap ketuntasan belajar (mastery learning) Mahasiswa PAI Tahun Ajaran 2016 STAIN Pamekasan?.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelititan kuantitatif dengan menggunakan data statistik yang sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain; dalam hal ini mencari pengaruh sistem e-learning terhadap ketuntasan belajar (mastery learning) Mahasiswa PAI Tahun Ajaran 2016 STAIN Pamekasan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di STAIN Pamekasan dengan sampel sebesar 50 orang mahasiswa karena subjek yang diteliti keseluruhan berjumlah lebih dari 100 yakni 200 orang Mahasiswa. Dengan teknik Simple Random sampling.Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket sebagai data primer, sedangkan wawancara dan observasi sebagai data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis data statistik, yaitu teknik korelasi product moment dengan rumus ke-2 dalam bukunya Suharsimi Arikunto.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh sistem E-learning sebagai komplemen Mata Kuliah Aplikasi Komputer terhadap peningkatan ketuntasan belajar (mastery learning) Mahasiswa PAI karena berdasarkan analisis data diketahui “r” kerja sebesar 0,325 lebih besar dari pada harga kritik product moment dengan jumlah N=50 dalam interval kepercayaan 95%, yakni 0,297. Maka hasil konsultasi antara “r” kerja (0.325) dengan interpretasi nilai “r” diketahui bahwa nilai “r” kerja tersebut berada pada rentang angka antara 0.200-0.400 dengan interpretasi Rendah.
Tidak tersedia versi lain