Text
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CORPORATE IMAGE DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG PAKONG
ABSTRAK
Qurrotul Aini, 2018, PengaruhCorporate Social ResponsibilityterhadapCorporate Image Di KSPPS BMT NU JawaTimurCabangPakong.Skripsi, Program StudiPerbankanSyariah, JurusanEkonomidanBisnis Islam,STAIN Pamekasan, Pembimbing: Farid Firmansyah, M.M
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Corporate Image
Masyarakat sekarang lebih pintar dalam memilih produk yang akan mereka konsumsi. Sekarang, masyarakat cenderung untuk memilih produk yang di produksi oleh perusahaan yang peduli terhadap lingkungan dan atau melaksanakan CSR. Mayoritas konsumen akan meninggalkan suatu produk yang mempunyai Citra burukatau di beritakan negative. Banyak manfaat yang di peroleh perusahaan dengan pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility, antara lain produk semakin di sukai oleh konsumen dan perusahaan di minati Investor. Corporate Sosial Responsibility dapat di gunakan sebagai alat Marketing baru bagi perusahaan bila itu di laksanakan berkelanjutan.
Berdasarkan hal tersebut yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Adakah pengaruh Corporate Sosial Responsibilty terhadap Corporate Image Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pakong.Kedua, Seberapa besar pengaruh Corporate Sosial Responsibiltyt erhadapCorporate Image Di KSPPS BMT NU Jawa Timur CabangPakong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sedehana. Jenis dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Respondennya adalah nasabah dari KSPP BMT NU Cabang Pakong
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Corporate Sosial Responsibilty terhadap Corporate Image di KSPP BMT NU Cabang Pakong Hal tersebut dapat dinyatakan berdasarkan hasil uji-t menghasilkan nilai koefisien korelasi t hitung = 9,749> t tabel = 1,660 dengan taraf signifikan sisebesar 0,000 < 0,05, serta nilai koefisien beta yang bernilai positif. Dari hasil koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan SPSS (Statistical for The Social Sciences) versi24, dengan melihat perolehan R square sebesar 0,419. Artinya 41,9% Corporate Image dijelaskan melalui Corporate Sosial Responsibilty di KSPP BMT NU Cabang Pakong. Sedangkan sisanya sebesar58,1% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain. Dari persamaan regresi linier sederhana (Y = a + bX) yaitu Y = 6,222 + 0,536X, dimana nilai konstanta (a ) Corporate Image sebesar 6,222 menunjukkan bahwa jika variable Corporate Sosial Responsibilty sama dengan nol (tidak dipertimbangkan), maka Corporate Image adalah sebesar 6,222 satuan dan b = 0,536, dapat diartikan bahwa besarnya koefisien variabel Corporate Image bertanda positif (0,536) mengindikasikan bahwa jika Corporate Sosial Responsibiltyn aik 1 satuan, makaskor Corporate Image akan naiks ebesar 0,536 satuan.
Tidak tersedia versi lain