Text
PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU TERHADAP LOYALITAS NASABAH SIMPANAN BELAJAR (SIMPEL) BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH BHAKTI SUMEKAR SUMENEP
ABSTRAK
Heni Setiawati, Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Loyalitas Nasabah Simpanan Pelajar (SIMPEL) Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Sumenep, Skripsi, Program Study Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, 2018, Dosen Pembimbing: H. Wadhan, M.Si.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran Terpadu, Loyalitas Nasabah
Dewasa ini persaingan di sektor perbankan semakin ketat yang ditandai dengan semakin intensifnya peluncuran produk-produk unggulan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kepada nasabah. Bank Syariah sebagai salah satu pelaku bisnis perbankan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dan juga bersaing dengan bank lain baik perbankan syariah sendiri maupun konvensional. Untuk memenagkan persaingan tersebut maka dibutuhkan pemeliharaan loyalitas nasabah, karena dengan terpeliharanya loyalitas nasabah mampu mempertahankan eksistensi perbankan tersebut. Untuk bisa mempertahakan loyalitas nasabah bisa menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu (Iklan (X1), Promosi Penjualan (X2), Komunikasi Personel (X3), Hubungan Masyarakat (X4) dan Desain Korporat (X5)) terhadap loyalitas nasabah SIMPEL, seberapa besar pengaruh atau kontribusi yang diberikan, dan variabel bebas manakah yang paling berpengaruh.
Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, dengan menggunakan jenis penelitian korelasional yang dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu angket yakni angket tertutup, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Hasil regresi diperoleh dengan sebelumnya dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas, Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa variabel Komunikasi pemasaran Terpadu secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Loyalitas nasabah SIMPEL BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Karena berdasarkan hasil uji F, perbandingan antara Fhitung > Ftabel, dimana Fhitung sebesar 24, 255 lebih besar dari Ftabel yang diperoleh sebesar 2,21. Hasil dari analisis yang telah dilakukan bahwa besarnya pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu, terhadap loyalitas nasabah SIMPEL hanya sebesar 24,4%. Sedangkan secara parsial diketahui hanya ayinge Iklan, Hubungan Masyarakat, dan Desain korporat yang berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah SIMPEL BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Sedangkan ayinge promosi penjualan dan komunikasi personel tidak berpengaruh signifikan. Dari ketiga ayinge yang berpengaruh signifikan ini, ayinge yang paling dominan berpengaruh adalah ayinge iklan. Karena memiliki nilai unstandarized coefficients dan t hitung paling besar, yaitu 0,426 dan 5,595. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa jika variabel iklan, hubungan, masyarakat dan desain korporat meningkat maka loyaitas nasabah juga akan meningkat.
Tidak tersedia versi lain