Text
STRATEGI PEMASARAN PRODUK SIMPANAN IDUL FITRI KOPERASI BMT UGT SIDOGIRI CAMPOLNG
ABSTRAK
Tajun Nisak, 2015, Strategi Pemasaran Produk Simpanan Idul Fitri Koperasi BMT UGT Sidogiri Camplong. Skripsi Jurusan Syariah dan Ekonomi, Program Study Perbankan Syariah, STAIN Pamekasan, Pembimbing : H. Abdul Mukti Thabrani, Lc. M.HI. 2015
Kata Kunci : Pemasaran, Simpanan Idul Fitri.
Pada lembaga keuangan mikro seperti BMT UGT Sidogiri Camplong, disadari perlunya bersaing dalam pemasaran produk-produk serta jasa layanannya. Sehingga diperlukan strategi pemasaran pada produk dan jasa BMT. Salah satu produk yang diperkenalkan BMT UGT Sidogiri Camplong adalah Produk SimpananIdul Fitri.
Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh Koperasi BMT UGT Sidogiri Camplong pada simpanan Idul Fitri ? (2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk simpanan Idul Fitri pada Koperasi BMT UGT Sidogiri Camplong ?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adalah bersifat deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian adalah pihak pengelola/pimpinan, manager dan karyawan Koperasi BMT UGT Sidogiri Camplong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran produk simpanan Idul Fitri Koperasi BMT UGT Sidogiri Camplong. Bersifat persuasif perusahaan berusaha sebaik mungkin untuk memperkenalkan Koperasi BMT UGT Sidogiri Camplong Kab. Sampang kepada masyarakat sekitar, dimana produk simpanan Idul Fitri itu bisa di katakan produk simpanan yang baru.BMT UGT Sidogiri Camplong berusaha dengan menggunakan strategi-strategi yang sudah disusun guna untuk mengajak masyarakat agar bisa menabung dan menjadi nasabah. Ketika perusahaan menetapkan strategi tersebut diharapkan akan membantu dalam kemajuan perusahaan.Strategi tersebut berupa strategi promosi, strategi harga, strategi produk, strategi distribusi. Adapun kendala yang dihadapi oleh BMTdalam memasarkan produk. Kendala tersebut. masyarakat sekitar belum memahami produk simpanan Idul Fitri, kurangnya ketertarikannya masyarakat dalam menabung, kurangnya perhatian terhadap promosi produk simpanan Idul Fitri, kurangnya SDM dalam melaksanakan kegiatan pemasaran, kurangnya jaringan dalam memasarkan produk.
Tidak tersedia versi lain