Text
PENGKAJIAN KITAB MINHAJUL MUSLIM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN FIQIH SISWA DI MA AL-ITTIHAD AL-ISLAMI CAMPLONG
ABSTRAK
Dian Rahmania Fuad, 2017, Pengkajian Kitab Minhajul Muslim dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Siswa di MA Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing: Dr, Hj. Mariatul Qibtiyah, Harun AR, M.Ag.
Kata Kunci: Pengkajian, Kitab Minhajul Muslim, Pemahaman Fiqih.
Skripsi tentang Pengkajian kitab minhajul muslim dalam meningkatkan pemahaman fiqih siswa di MA Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Dalam penelitian ini ada tiga fokus Pertama, Bagaimana metode Pengkajian kitab minhajul muslim dalam meningkatakan Pemahaman Fiqih Siswa di MA Al-Ittihad Al-Islami Camplong? Kedua, Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat Pengkajian kitab minhajul muslim dalam meningkatkan Pemahaman Fiqih siswa di MA Al-Ittihad Al-Islami Camplong? Ketiga, Bagaimana cara mengatasi faktor penghambat dalam Pengkajian kitab minhajul muslim dalam meningkatkan Pemahaman Fiqih siswa di MA Al-Ittihad Al-Islami Camplong?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru Pengajar, dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: bahwa Pertama metode pengkajian kitab minhajul muslim dalam meningkatkan Pemahaman Fiqih Siswa terdapat tiga poin, yaitu: a) metode ceramah, b) metode diskusi, c) metode Tanya jawab, metode ini di anggap ampuh oleh para guru karena dengan pengkajian metode ini para siswa dapat lebih cepat menerima dan menyerap mata pelajaran yang sudah di berikan oleh guru. Kedua, Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pengkajian kitab minhajul muslim dalam meningkatkan Pemahaman Fiqih Siswa, yaitu: adanya rasa ingin tahu yang ada dalam diri siswa serta didorong dengan adanya semangat yang tinggi hal tersebut menjadikan para siswa menjadi giat dan lebih rajin untuk belajar, dan mengamalkan apa yang ada di dalam kitab tersebut. Sedangkan untuk faktor-faktor yang menjadi penghambat yaitu: terbatasnya waktu pembelajaran kitab minhajul muslim, kesulitan dalam memahami kitab minhajul muslim. Ketiga, cara mengatasi faktor penghambat dalam pengkajian kitab minhajul muslim dalam meningkatkan Pemahaman Fiqih Siswa, yaitu: menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya, dan pembahasan kitab minhajul muslim dilakukan secara bertahap.
Tidak tersedia versi lain