Text
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DENGAN KEUNGGULAN PRODUK SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK SYARIAH DI BANGKALAN
Sri Auria Puspita, 2017, Pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Satisfaction dengan Keunggulan Produk sebagai Variabel Moderating pada Bank Syariah di Bangkalan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, S.ST. M.M.
Kata kunci: Re/atio11ship Marketi11g, Keunggulan Prod uk, Customer Satisfacti on, Bank Syariah Bangkalan
Perkembangan lembaga keuangan di Indonesia meru pakan wujud dari permintaan pasar dari masyarakat, baik lembaga keuangan konvensional maupun lembaga keuangan syariah. Bank syariah yang beroperasi di wilayah-wilayah Indonesia khususnya di daerah Bangkalan merupakan Bank Syariah sudah lama berd iri. Bank syariah di Bangkalan terd iri dari BRI Syariah kantor cabang pembantu Bangkalan dan BPRS sarana prima mand iri (SPM) kantor cabang Bangkalan. Bank Syariah memerlukan konsep pemasaran untuk mempertahankan nasabah yang ada dan berjangka panjang yang dikenal dengan relationship marketing. Konsep relationhsip marketing membawa dampak pada profitabilitas perbankan karena konsep relationship marketing yang dijalankan melalui produkĀ¬ prod uk yang unggul dan akan berdampak pada kepuasan nasabah (customer satisfaction).
Tujuan dari penelitian ini dilakukan : pertama, untuk mengetahui pengaruh signifikan relationship marketing terhadap customer satisfaction. Kedua, untuk mengetahui efektifitas keunggulan produk dalam memoderasi relationship marketing terhadap customer satisfaction pada Bank Syariah di Bangkalan
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah Bank Syariah di Bangkalan yang terdiri dari BRISyariah Kantor Cabang Pembantu Bangkalan dan BPRS Sarana Prima Mand iri Kantor Cabang Bangkalan dengan menggunakan metode accidental sampling serta penentuan jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin pada tingkat kesalahan l 0%. Teknik analisa adalah Sruktural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program SmartPLS 2.0.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa : pertama, relationship
marketing berpengaruh terhadap customer satisfaction dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,538. Nilai signifikansi relationship marketing terhadap customer satisfaction pada Bank Syariah di Bangkalan diperoleh 7,823 (t hitung) > 1,98 (t tabel). Kedua, keunggulan produk tidak efektif memoderasi hubungan relationship marketing terhadap customer satisfaction dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,168. Nilai tidak signifikansi keunggulan produk tidak efektif memoderasi relationship marketing terhadap customer satisfaction pada bank syariah di Bangkalan diperoleh l,148 (t hitung) < I ,98 (t tabel)
Tidak tersedia versi lain