Text
Strategi Pengembangan Usaha Jhubedhe di Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Dalam Perspektif Ekonomi Islam
Ach. Rudiyanto. 2017. "Strategi Pengembangan Usaha Jhubedhe di Desa Karduluk Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep Dalam Perspektif Ekonomi Islam". Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah. Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Strategi, Pengembangan Usaha, Ekonomi Islam
Setiap perusahaan yang terjun dalam bisnis pasti akan merasakan kerasnya persaingan dalam bertahan hidup dan meraih keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas perusahaan yang baru berdiri atau produk yang baru diluncurkan, telah gagal dalam bisnis atau tidak laku dijual atau setidak-tidaknya mereka hanya bisa bertahan hidup dengan kekuatan yang makin menurun. Kekuatan dari perusahaan juga menjadi penentu dari keberadaan perusahaan. Tetapi hal itu semua harus didukung dengan usaha, kemauan dan kemampuan dad perusahaan itu sendiri yang di dukung oleh strategi dari perusahaan. Sumber daya manusia merupakan aset yang patut diperhitungkan dan dilibatkan dalam penyusunan dan pelaksanaan strategi perusahaan. Di Desa Karduluk para perempuan khususnya ibu rumah tangga banyak yang mencari natkah dengan cara memproduksi Jhubedhe. Oengan demikian berarti para pengusaha harus mengolah Jhubedhe sekreatif mungkin baik dari segi proses produksi maupun proses pemasarannya. Selain itu, para pengusaha Jhubed.he harus berlomba-lomba agar dapat mengalahkan para pesaingnya.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, l.Bagaimana strategi pengembangan usaha Jhubedhe di Desa Karduluk Kec. Pragaan Kab. Sumenep. 2. Bagaimana pengembangan usaha Jhubedhe di Desa Karduluk Kec. Pragaan Kab. Sumenep dalam Perspektif ekonomi islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitlan lapangan. Sedangkan sumber datanya adalah para pengusaha Jhubedhe. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik pengecekan datanya menggunakan perpanjangan kefkutsertaan, ketekunan peneliti serta triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi pengembangan usaha Jhubedbe di Desa Karduluk Kec. Pragaan Kab. Sumenep, adalah dengan membuat keunikan dan kreatifitas produksi dengan membuat beraneka ragam rasa, seperti Coklat dan Vanila. Kedua, Srategi yang digunakan tidak sesuai dengan perspektif ekonomi islam, karena pengusaha Jhubedhe di Desa Karduluk menggunakan kepercayaan hal mistis atau dukun.
Kesimpulan penelitian ini adalah strategi dalam mengembangkan usahanya dengan selalu membuat keunikan dan kreatifitas produksi dan berusaha memanfaatkan hari libur pendek maupun hari Iibur panjang dengan mengikuti pameran dagang untuk pengembangan usaha Jbubedhe dalam jangka panjang dimasa depan.
Tidak tersedia versi lain