Text
ANALISIS STRATEGI BERSAING PEMASARAN PRODUK DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN
ANALISIS STRATEGI BERSAING PEMASARAN PRODUK DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG PAMEKASAN, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing : Fadllan, MA
Kata Kunci:.Sfrafegi Bersaing, BPR..) Bhakti Sumekar
Dan tahun ke tahun lernbaga keuangan dengan berlabel syariah semakin meningkat, dan tentunya di setiap masing-masing sudut lingkungannya memiliki persaingan yang harus diperhatikan. Etika persaingan pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan dengan dua alasan: Pertama, karena BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan memiliki lokasi yang strategis akan persaingan. Kedua, BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan merupakan tamu di Pamekasan yang juga memberikan kontribusi berupa investasi dan perkembangan ekonomi ill Pamekasan.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi bersaing yang
dilakukan PT BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan berdasarkan analisis SWOT? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing yang dilakukan PT BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan berdasarkan analisis SWOT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pene.litia.n deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Informannya adalah manajer, karyawan dan nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan triangulasi, member check, mendiskusikan dengan ternan sejawat, analisis kasus negatif, dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa basil analisis SWOT menyebutkan bahwa PT BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan sudah bisa berani bersaing di pasar persaingan yang kompetitif Hasil analisis SWOT nya pun hampir memiliki kesarnaan dengan bank syariah pada umumnya. Berdasarkan interpretasi analisis SWOT, pengembangan strategi pemasaran produk tabungan yang bisa dilakukan oleh PT BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan adalah dengan memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta meminimalkan kelemahan dan ancaman.
Tidak tersedia versi lain