Text
Implementasi Strategi Pemasaran dalam Lingkungan Pemasaran Mikro di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitu Maal wa Tamwil Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan
Siti Iqomah, 2017, Implementasi Strategi Pemasaran dalam Lingkungan Pemasaran Mikro di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitu Maal wa Tamwil Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan, jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Dosen pembimbing Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Lingkungan Pernasaran Mikro.
Lembaga keuangan untuk dapat bertahan dan mengembangkan produknya harus melakukan pengamatan secara terus menerus dan beradaptasi dengan lingkungan pemasaran mikro yang selalu berubah-rubah. Pengamatan dilakukan dengan memahami secara jelas keadaan setiap komponen dalam Iingkungan pemasaran mikro, yakni memahami dan mengamati manajemen koperasi, nasabah, masyarakat, dan pesaing agar manajemen pemasaran dapat menyesuaikan strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk-produknya. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi fokus penelitian ini yaitu: pertama, bagaimana implementasi strategi pemasaran dalam lingkungan pemasaran mikro di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan. Kedua, bagaimana cara KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan dalam mengamati lingkungan pemasaran mikro, ketiga, apakah strategi pemasaran di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan sudah sesuai dengan etika islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan informan ketua cabang dan karyawan di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawacara dan dokumentasi. Pengecekan data menggunakan checking (pengecekan) dan organising (pengelompokan). Pengecekan keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan metode analisis negatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi strategi pemasaran di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan menggunakan sistem door to door dan personal selling. kedua, cara KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan mengamati lingkungan pemasaran mikro yaitu menerapkan list by name by adress, mengadakan FORSA (Forum Silaturrahmi Anggota) dan mengadakan MASA (Majelis Silaturrahmi Anggota). Ketiga, strategi pemasaran KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan ditinjau dari etika islam sudah sesuai dengan etika islam karen a dalam memasarkan tidak ada unSUI pakasaan, penipuan dan memasarkan sesuai dengan prinsip kerja dan budaya kerja yang dimiliki.
Tidak tersedia versi lain