Text
Strategi Pelayanan Bengkel Hanafi di Desa Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan
Sakur, 2016, "Strategi Pelayanan Bengkel Hanafi di Desa Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan" Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Syariah dan Ekonomi Bisnis Islam, Pembimbing: H. Achmad Mulyadi, M. Ag
Kata Kunci; Strategi, Strategi Pelayanan, Bengkel.
Pelayanan terhadap pelanggan merupakan salah satu faktor penting dalam menangani kebutuhan pelanggan, karena pelanggan merupakan sumber pengbasilan utama bagi usaha Bengkel. Bengkel Hanafi mempunyai tujuan untuk dapat tetap bidup dan berkembang, dati banyak pesaing di sekitar, Bengkel Hanafi disini mengutamakan kepuasan pelanggan.
Berdasarkan konteks di atas, maka ada tiga fokus sebagai fokus penelitian, diantaranya adalah pertama, Bagaimana kemampuan, sikap, penampilan, perhatian dan tindakan Bengkel Hanafi dalam melayani pelanggan di Desa Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan? kedua, Bagaimana tanggung jawab penyelesaian layanan memperbaiki sepeda motor di Bengkel Hanafi di Desa Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan? ketiga, Bagaimana respon pelanggan terhadap penyelesaian layanan memperbaiki sepeda motor di Bengkel Hanafi di Desa Bulangan Haji Kecamatan Pegantenan?
Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah pemilik, karyawan Bengkel dan pelanggan.
Dari hasil penelitian dapat diketahui; Pertama, a). Dalam memperbaiki sepeda motor Bengkel Hanafi mempunyai kemampuan di bidang otmotif yang tinggi, Hal ini dibuktikan latar belakang pendidikan karyawan lulusan SMK. Otomotif dan mempunyai pengalaman kerja di bidang otomotif b). Dalam proses memperbaiki sepeda motor pelanggan karyawan Bengkel Hanafi selalu bersikap adil dan dibuktikan dengan antrian yang berurutan. c). Dalam menyambut datangnya pelanggan yang ingin memperbaiki sepeda motomya karyawan maupun pemilik Bengkel selalu menunjukkan nilai kesopanan dan keramahan kepada pelanggan yang datang. d). Dalam kegiatan memperbaiki sepeda motor Bengkel Hanafi melakukan tindakan nyata seperti memperbaiki mesin sepeda motor dengan mengganti yang rusak dengan onderdil yang bam. Bengkel Hanafi juga menerima modifikasi sepeda motor. Kedua, a). Dalam memperbaiki sepeda motor Bengkel Hanafi melakukan dengan sangat detail dan penuh kehati-hatian agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan keinginan pelanggan. b). Karyawan BengkeJ Hanafi ketika sudah selesai memperbaiki sepeda motor pelanggan dan sudah stabil. Bengkel Hanafi memberikan garansi selama satu minggu. Tindakan itu menunjukkan besarnya tanggung jawab yang diberikan Bengkel Hanafi kepada pelangganlkonsumennya. Ketiga, Pelanggan merasa puas terhadap layanan yang diberikan Bengkel Hanafi karena beberapa hal yaitu hasilnya bagus, karyawan ramah, lingkungan bersih dan lengkap dan tersedianya onderdil.
Tidak tersedia versi lain