Text
Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Mernilih Produk TABAJ-l di Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep
Jurusan Syariah dan Ekonomi, Pernbimbing: Fatekhul Mujib, S.Ag., Dewi Fatmawati, 20 17, , Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, M.Si.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Produk T ABAH
Ada dua pennasalahan yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian mi. Yang pertama: adakah pengaruh faktor perilaku konsumen terhadap keputusan memilih produk T ABAH di KJJS BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep? Yang kedua: Seberapa besar pengaruh faktor perilaku konsumen terhadap keputusan mernilih produk T ABAH di KJKS BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Analisis Data Statistik yang sifatnya adalah Korelasi, yaitu mencari hubungan antara Variabel Bebas dengan Variabel Terikat. Dalam hal ini adalah mencari hubungan antara Perilaku Konsumen dan Produk T ABAH.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen KJJS BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep yang berjumlah 1.290 orang. Karena populasi ini relatif besar (lebih dari 100), maka pelaksanaan penelitian ini dilakukan pengambilan sampel. Adapun cara yang - digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebesar 305 orang. Instrumen utarna yang digunakan dalarn pengumpulan data adalah angket, sedangkan wawancara dan dokumentasi adalah sebagai instrumen penunjang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Selain iOO, digunakan juga uji validitas dan reliabilitas data; uji f dan uji t untuk regresi linier berganda dengan menggunakan program spss versi 2.3.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh faktor perilaku konsumen terhadap keputusan memilih produk T ABAH di KJJS BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep. 2) Adapun besarnya pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap keputusan memilih produk T ABAH di KJJS BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep yaitu bennacam-macam. Dari faktor-faktor tersebut, faktor yang paling dominan dan signifikan yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memi!ih produk T ABAH di KJJS BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep adalah faktor pengamatan. Berdasarkan hasil uji t, faktor pengamatan mempunyai Ihitung sebesar 26,576 > ttabel 1 )968 dengan nilai thitung yang paling besar dibanding faktor-faktor yang lain, dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,964 ini berarti seluruh variabel bebas ( X ) yakni motivasi, pengamatan, kepribadian, sikap, kebudayaan, kelas so sial dan kelornpok referensi secara bersama-sama. mempunyai kontribus] sebesar 96% terhadap variabel terikat ( Y ) yakni keputusan memilih produk T ABAH di KJJS BMT NU Kantor Pusat Gapura Sumenep. Sisanya sebesar 4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain