Text
Analisis Pelayanan Produk Simpanan Pendidikan Fathonah Menggunakan Metode Spiritual Marketing Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT NU Gapura Sumenep
ABSTRAK
Farhatun Toyyibah, 2017, Analisis Pelayanan Produk Simpanan Pendidikan Fathonah Menggunakan Metode Spiritual Marketing Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT NU Gapura Sumenep, Skripsi, Program Studi Perbankan Syari'ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Sakinah, M.E.I.
Kata Kunci: Pelayanan, simpanan pendidikan fathonah, spiritual marketing.
Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Umat Gapura Sumenep merupakan salah satu di antara lembaga keuangan Islam yang ada di Indonesia, setiap lembaga keuangan mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut akan tercapai apabila terorganisir dengan baik dan benar. Setiap organisasi tidak lepas dari etika yang diterapkan di lembaga. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelayanan produk simpanan pendidikan fathonah menggunakan metode spiritual marketing di koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah BMT NU Gapura Sumenep, dan kelebihan, kelemahan dari pelayanan produk simpanan pendidikan fathonah menggunakan metode spiritual marketing di koperasi sirnpan pinjam pembiayaan syariah BMT NU Gapura Sumenep. Tujuan penelitian yang ingin dicapai untuk mengetahui peIayanan produk simpanan pendidikan fathonah menggunakan metode spiritual marketing di koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah BMT NU Gapura Sumenep, dan untuk mengetahui kelebihan, kelemahan dari pelayanan produk simpanan pendidikan fathonah menggunakan metode spiritual marketing di koperasi simpan pinjam pernbiayaan syariah BMT NU Gapura Sumenep.
Penulis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sedangkan jenis penelitian rnenggunakan deskriptif kualitatif yaitu berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Prosedur pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Objek penelitian yaitu Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Gapura Sumenep. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi, pengecekan kebenaran informasi tertulis dalam naskah rencana laporan penelitian kepada para informan, analisis kasus negatif, perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan produk simpanan pendidikan fathonah menggunakan metode spiritual marketing yang diterapkan di BMT NU Gapura Sumenep dalam cara berkomunikasi adalah sopan, jujur, giat, dan ikhlas. Selain itu, di BMT NU Gapura Sumenep juga menerapkan dalam pelayanan yaitu salam, senyum, sapa atau jabat tangan. Simpanan pendidikan fathonah merupakan salah satu produk BMT NU Gapura Sumenep, simpanan pendidikan adalah jenis simpanan yang didasarkan akad mudharabah mutlaqah, yang setorannya dapat dilakukan kapan saja sedangkan penarikan banya dapat dilakukan 2 kali dalam setahun, pertama bisa diambil saat tahun ajaran barn dan saat semesteran. Dilihat dari kemajuan BMT yang saat ini mampu mendirikan 31 cabang. Kemajuan BMT tidak lepas dati karyawan yang berprestasi. Apabila lembaga memperhatikan baik-baik karyawan otomatis semangat kerja dan pemahaman karyawan tentang metode spiritual marketing dalam palayanan suatu produk
Tidak tersedia versi lain