Text
Strategi Public Relations (PR) Dalam Membangun Citra Lembaga Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Ummat (KSPPS BMf NU) Cabang Utama Gapura Sumenep
ABSTRAK
lndah Yuni Sukardi, 2017 Strategi Public Relations (PR) Dalam Membangun Citra Lembaga Di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Ummat (KSPPS BMf NU) Cabang Utama Gapura Sumenep. Jurusan Syariah Dan Ekonomi Progam Studi Perbankan Syariah, Pembimbing: Fatekhul Mujib, S.Ag. M.Si.
Kata Kunci: Strategi Public Relations (P R), Citra
Praktisi Public Relations tidak mudah karena harus membuat citra yang baik di antara stakeholdernya dan perusahaan. Banyak perusahaan yang menerapkan PR agar tujuan perusahaan tersebut terpenuhi. Mulai dari perusahaan kecil hingga besar, dari perusahaan manufacture hingga perusahaan berbasis simpan pinjam dan pembiyaan. Ini yang dilakukan di KSPPS BMT NU Cabang Utama GAPURA, yang menggunakan PR sebagai senjata ampuhnya dalam pemasaran. Sistem pemasaran yang diterapkan di KSPPS BMT NU Cabang Utama GAPURA menggunakan strategi public relations yang mungkin sang at ampuh karena dapat mempunyai nasabah yang cukup banyak. Sehingga KSPPS BMT NU dapat bersaing di jajaran perusahaan yang juga berkecimpung di dunia bisnis yang sama.
Berdasarkan hal tersebut, maka yang menjadi fokus dalam penelitin ini adalah:Pertama, bagaimana proses strategi Public Relations dalam membangun citra yang ada pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiyaan Syariah Baitul Maal wat Tamwil Nuansa Ummat (KSPPS BMT NU) Cabang Utama Gapura Sumenep? Kedua, Bagaimana strategi Public Relations dalam membangun citra di Koperasi Simpan Pinjam Pembiyaan Syariah Baitul Maal wat Tamwil Nuansa Ummat (KSPPS BMT NU) Cabang Utama Gapura Sumenep?
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi,
Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa:
Pertama, strategi public relations di KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep yaitu,a) pengenalan situasi seperti perencanaan logis, proses transfer PR Kompromi yang diperlukan, penyelidikan situasi, dan pemecahan masalah b) sosialisasi secara langsung untuk mengetahui secara Jangsung tentang opini masyarakat. Kedua, strategi public relations dalam membangun citra lembaga di KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep yaitu, dengan mengadakan rapat evaluasi, Pengajian, forum resmi, dan special event
Tidak tersedia versi lain