Text
Pengaruh Penetapan Barga Jual Terhadap Keputusan Anggota Menggunakan Jasa Pembiayaan Murabahah Di Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Cabang Pembantu Pakong
Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) sebagai salah satu lembaga keuangan non bank juga memiliki peranan penting dalam aktivitas perekonomian . BMT tentunya memiliki cara tersendiri dalam menentukan sebuah harga untuk memasarkan produknya, harga juga a.kan menjadi patokan bagi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan serta keuntungan yang a.kan diperoleh sebuah perusahaan. Biasanya dalam transa.ksi jual beli masyarakat akan rnelihat terlebih dahulu harga yang dipasarkan, terkadang masyara.kat masih melakukan penawaran terhadap harga yang ditentukan penjual, baru setelah itu mereka a.kan memutuskan untuk rnelakukan transaksi jual beli atau tidak. Namun ada juga masyarakat yang tidak peduli dengan harga yang sudah ditentukan yang penting kebutuhan mereka terpenuhi. Sama halnya pada pembiayaan murabahah ada masyarakat yang tidak peduli dalam penentuan harga jual seperti marginnya dan masih ada masyarakat yang masih membutuhkan penjelasan bagaimana penentuan harga jual pada pembiyaan yang bisa membeda.kan dengan kredit perbankan konvensional. Setelah proses penentuan harga jual, maka nasabah berhak rnembuat keputusan apa.kah nasabah akan melanjutkan a.kad atau tida.k.
Berdasarkan hal tersebut ma.ka yang menjadi rumusan penelitian dalam penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui apa.kah ada pengaruh penetapan harga jual terhadap kuputusan anggota mengguna.kan jasa pernbiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pakong; kedua, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh penetapan harga jual terhadap keupusan anggota mengguna.kan jasa pernbiayaan murabahah di BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pakong.
Penelitian ini mengguna.kan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi liniear sederhana, dan prosedur pengumpulan data melalui angket/kuisioner dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah anggota pembiayaan murabahah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pakong yang bejumlah 94 anggota, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Convenience Sampling.
Dari basil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel penetapan harga jual memiliki pengaruh sebesar thitung 9,430>ttabe1 1,985 dengan standar signifikan lebih kecil dari 5% atau 0,05 yaitu 0,000, hal ini menunjukkan ada pengaruh positif penetapan harga jual terhadap keputusan anggota. Secara simultan Fhituni>Ftabet (88,931>3,24) dengan tingkat signifikan yang diperoleh lebih kecil yakni sebesar 0,000 dari standar signifikan yakni 5 % atau 0,05. Sedangkan koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 48,6%.
Tidak tersedia versi lain