Text
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasbah (Studi Kasus pada Nasabah Tabungan Barokah BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat
Bertambahnya jumlah perbankan syari'ah di tanah air teJah membawa perbankan syari'ah pada ik.Jim persaingan yang semakin ketat baik secara nasional maupun intemasional, Untuk dapat memenangkan persaingan setiap perbankan harus lebih kreatif, agresif dan proaktif dalam menciptakan berbagai inovasi produk dan memberikan layanan yang prima dengan tetap menempatkan orientasinya pada kepuasan nasabah sebagai tujuan utamanya guna menjamin keberlangsungan dan pengembangan bisnisnya. BPRS Bhakti Sumekar sebagai BPRS terbaik. se Jawa Timur selalu berusaha menawarkan produk dan layanan yang mampu mengakomodir kebutuhan dan keinginan nasabahnya, salah satu produk utama BPRS Bhakti Sumekar adalah Tabungan Barokah.
Penelitian in dilakukan untuk mengetahu adakah pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Tabungan Barokah dan variabel manakah yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah Tabungan Barokah BPRS Bhakti Sumekar.
Penelitian ini adalah penelitian desk:riptif korelasional yang menganalisa hubungan sebab-akibat variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Tabungan Barokah dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui angket yang telah diisi oleh nasabah Tabungan Barokah BPRS Bhakti Sumekar kantor Pusat.
Berdasarkan analisis data melalui program SPSS versi 18 diperoleh persamaan regresi Y= 8,713 + 0,241+ 0,335. artinya kuaJitas produk dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dengan demikian semakin tinggi kualitas produk dan layanan yang diberikan, maka kepuasan nasabah juga akan semakin meningkat.Nilai koefisien determinasi sebesar 0,375, artinya kontribusi kualitas produk clan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah Tabungan Barokah sebesar 0,375 atau 37,5% dan sisanya 62,5% dijelaskan variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini. Berdasarkan nilai koefisien regresi pada model persamaan regresi berganda yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas pelayanan merupakan variable yang memiliki kontribusi paling dominan terhadap kepuasan nasabah Tabungan Barokah BPRS Bhakti Sumekar Kantor Pusat yaitu sebesar 0,335 (33,So/o) dan nilai thitung 4,899 sedangkan nilai koefisien regresi kualitas produk sebesar 0,241 (24,l%) dengan nilai trutung 3,313.
Tidak tersedia versi lain