Text
Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mengembangkan Produk Tabungan Barokah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan
Strategi komunikasi pemasaran sangat penting bagi Bank Syariah dalam mencapai tujuannya, ia merupakan upaya perusahaan dalam menyampaikan produk-produknya agar dikenal dan diterima oleh nasabah dan masyarakat. Komunikasi pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan suatu program pemasaran. Strategi tersebut juga sangat penting bagi Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan, yang selanjutnya disebut BPRS Bhakti Sumekar, mengingat lembaga tersebut memili.ki banyak prod uk seperti tabungan barokah.
Dalam penelitian ini ada tiga (3) permasalahan yang menjadi fokus kajian. Pertama, Bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam mengembangkan produk tabungan barokah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Kedua, Bagaimana efektifitas pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran dalam mengembangkan produk tabungan barokah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan. Ketiga, Bagaimana kendala pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran dalam mengembangkan produk tabungan barokah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuaJitatif dengan jerus deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, clan dokumentasi. lnformannya adalah pimpinan cabang, karyawan, dan nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi komunikasi pemasaran Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan adalah Perencanaan Komunikasi Pemasaran; menganalisi situasi, mengidentifikasi masyarakat dan nasabah, menentukan tujuan komunikasi pemasaran dan menentukan bauran komunikasi pemasaran. Pelaksanaan Komunikasi Pemasaran; memadukan bauran komunikasi pemasaran seperti pemasaran langsung, periklanan , personal selling, dan hubungan masyarakat. Evaluasi Komunikasi Pemasaran; menganalisis hasil yang dicapai dan bertanya langsung kepada nasabah. Kedua, efektiftas pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pamekasan adalah adanya hubungan baik antara bank dan nasabah semakin terjaga, jumlah nasabah clan pertumbuhan nominal simpanan Tabungan Barokah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Ketiga, kendala yang dihadapi adalah pendidikan masyarakat masih rendah menyebabkan kesadaran menabung berkurang, pola pikir masyarakat masih konvensional berakibat pada sulitnya pindah ke konsep syariah, kadangkala masyarakat acuh tak acuh terhadap produk yang ditawarkan, serta adanya perusahaan kompetitor sejenis.
Tidak tersedia versi lain