Text
Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Tabungan BSM Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantn Sampang
ABSTRAK
Uswatun Has anah , 2017 "Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Tabungan BSM Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantn Sampang" Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, SST.MM.
Kata Kunci: Brand Awareness, Keputusan Nasabah, Tabungan BSM
Jumlah nasabah keuangan syariah di Indonesia hingga tahun 2014 adalah sebesar 37,3 juta orang, atau sebesar 18,75% dan total jumlah nasabah konvensional. Jumlah nasabah perbankan syariah saat ini memangjauh lebih kecil dari jumlah nasabah bank konvensional. Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi salah satunya adalah Pada saat sekarang ini masyarakat atau calon nasabah itu kurang mengenal, mengetahui ataupun kurang mampu mengingat merek yang ada dalam produk suatu perbankan sehingga masyarakat terse but kurang tertarik dengan produk yang ditawarkan oleh suatu perbankan khususnya perbankan syariah. Oleh karena itu diperlukan strategi penetapan merek yang tepat dan mudah diingat agar calon nasabah atau masyarakat dapat memiliki brand awareness (kesadaran merek) yang tinggi terhadap suatu produk perbankan karena merek merupakan suatu faktor yang terpenting dalam memperkenalkan produk kepada konsumen. Bank Syariah Mandiri KCl" Sampang merupakan bank syariah yang Iokasinya berdampingan dengan bank-bank kouvensional yaitu bank BRI dan Bank Mandiri sehingga persaingan yang terjadi antara Bank Syariah Mandiri dengan bank-bank konvensional tersebut sangat ketat, sehingga untuk bersaing dengan bank. lainnya BSM harus mampu mengenalkan merek yang ada dalam produk agar cal on nasabah memiliki brand awareness yang tinggi terhadap merek produk yang ada dalam Bank Syariah Mandiri tersebut.
Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui adakah pengaruh brand awareness terhadap keputusan menabung nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS (Statistical Package For the Social Sciences) versi 20 sedangkan pembulctian hipotesis menggunakan uji-t. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Respondennya adalah nasabah Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang yang membuka rekening tabungan BSl\1.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi dari variabel brand awareness berada dibawah 0,05 yaitu 0,000 maka hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh signifikan dari brand awareness terhadap keputusan menabung nasabah pada tabungan BSM di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang. Hasil uji koefisien R Square adalah 0,601 yang berarti 60,1% keputusan menabung nasabah pada tabunga BSM di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang dijelaskan oleh brand awareness dan sisanya 39,9% dijelaskan oleh Iaktor lain seperti loyalitas terhadap merek, perceived quuli(v,dan asosiasi terhadap merek.
Tidak tersedia versi lain