Text
Implementasi Kurikulu m 2013 Dalam Pembe lajaran fiiqih Di Mi Al-Kautsar Bl umbungan Kccamatan Larangan Kabupaten Pamekasan
Mohammad Ashari, 20 17;·Im plementasi Kurikulu m 20 13 Dalam Pembe lajaran f-'iq i h Di M i Al-Kautsar Bl u mbu ngan Kccama t an Larangan Kabupat cn Pa mbsan.. Skripsi, Program Pcnd idik an :\gama I slam. .!u rusan ra rbi ) ah, Pem bimbi ng : Ors. I-I. Saiful /\ ri f M,Pd.
Ka ta Ku nci : lmplemen tasi K u ri k ul u rn O 13. Pc-m bL'l aja rc:i n Fiqi h
Irn plemntasi kurikul um 2013 merupaka n suatu pelaksanaan yan g dilaku ka n olch guru mat3 pclajarnn liq i h kct i ka n11:!ak uk an kcgiatan pcm helajaran untuk menyarnpaikan pem bel jarnn secara maksimal. I3anyak fak tor yang menjadi penyebabnya, salah satunya adalah med ia ya ng dperlu ka n dalam pe laksanaan pem belajaran kuriku!um 20 13 cbagai hcnlu k k omuni ka:::i ya ng ha n a dapat clisampaikan secara ilustrnsi. Da lam mengimplementasi knn kurikulum 20 13 banyak media pembelajaran yang dapat digunakan oleh macl rasah tcrutama guru mata pdajara n fiqi h. mulai dari yang bersi fot hmrnni kasi Jang.sung dcngan si s\\'a maupun dengan med ia pendu ku ng pem belajaran la i n, seorang guru mata pe lajaran yang melak sanakan ku ri k u lum 2013 c.J i tun tu t untu k Jcbih menguasai med ia y:mg bersi fa1 ilmu tckh nol.ogi dan inform asi intcrnl.!t scrta 111c1ode-m ctode pdajaran ya ng terkait dalam proses bel aj ar menga.iar yang mend ukun g bagi pengimplementasian kuri k ulum 20 13.
Permasalahan-permasalahan ya ng akan d i tel i t i pada penel i t i an i n i aclalah, bagaima na kesiapan guru mala pelnj arn n fiq i h dalam mcngim plcm enta·i kan ku ri kulum 20 13, bagaimana langkah-langkah pcmbclajaran imple!11en lasi kurikulum 2013 dan apa saja faktor pendu ku ng dan penghamba t dalam pengimpkmen tasian kur i kult:rn :::?O 13. Penel i tian in i menggunakan pendekatan kua litatif yang menggunakan metode pengumpulan data yaitu i n terview, observasi dan dokumentasi. Melalui mctodc nnal i sis desk ri pt if in i d iharapkan hasi l pcnel it ian mampu menjmrnb pcrsoalan ym1g aku n d i t cl i t i . Pcngccekan kcabsalmn data yang dilakukan peneliti salah satunya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketek unan pengamatan. dan triangu lasi. Hasil dari pcnelitian ini menunjukkan bah wa i mplementasi k urik u lum 201 3 dalam maLa pelajaran fiqih d i M l Al-kau tsar Blumbungan pamekasan menggunakan dengan 3 cara yaitu :Perlama kesiapan guru mata pelaj aran fiqih clari segi kclcnga kapan alat ata u media pem hclajaran yang berupa perangkat pemebel aj aran seperti, si labus clan RPP, kesiapan guru secara mental itas dan keilmuannya, ditu njukkannya guru mata pelajaran fiqih yang memiliki serti ft kat pendid i kan.
KeduaLangkah- langkab clalam mengimplementasikan kuri ku lum 2013 dalam pembelajaran Fiq ih ialah. Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru sudahmenyesuaikan dengan silabus atau sesuai dengan pedoman dari kementerian agama kabupaten pamekasan, sesuai dengan materi dan l angkah langkahpembe lajaran sudah sesuai dengan menggunakanpendekata n snintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkaninform asi, mengasosiasikan , kemudi an mengkomuni kasikan. Adapu n penilaian au tentik yang di laksanakan olch guru sudah mencak up ranah afck t i L k ognitif, danpsikomotorik siS'l\ Cl. Dalam
VI
ranah afektif dilaksanakan melalui peni laian sikapsiswa dan pcn i laian d i ri siswa.
.Adapun pada ranab kogni1i f dilakuku n d t:ng. 111kk n i k ks dun 11011lL'S. Tes li.>rmalir dilakukan pada akhir kegiatan pembelajaran. sedang\....an tekni k nonlcs dcngan tanya jawab. Sedangkan dalam aspek psikomotori k di lakukan dcngan prakt ek dan
p ni laian.
Sedangkan ketiga fak1or pendu ku ng dari i mplcmentasi ku ri k ul u m 2013 dnlam mata pelaja ran fiqih di MI J\ 1-kmn s lr H l u m bu ngan ramckasnn yak n i foktor yang mendukung kesiapan gu ru mata pelajara n liqih suduh mGmahami sc(ara utuh tcnta ng kurikulum 2013, perhatian kcpal u madrasah pad a pem bcrlak uan k uri k ulum 20 !3. clan jug a te1111asu k dari rcsi::rw d id i k lkngan pdak s:maan kurikulum 20 13di Madrasah lbtidai ya h , sclain i t u juga d idukung dengan tersedianyabuk u-buku, baik buk u siswa maupun guru tcntang kuriku l u m 201 3 pada mata pelajaran fiqih. Dan tidC:J k terl cpCJs c.bri fok t\.)r pcngh
Tidak tersedia versi lain