Text
Kompetensi Pedagogik Guru dalarn Pembelajaran Pendidikan Agarna Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Carnplong Kecarnatan Carnplong Kabupaten Parnekasan
Narna: Maria Ulfa Judul: Kompetensi Pedagogik Guru dalarn Pembelajaran Pendidikan Agarna Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Carnplong Kecarnatan Carnplong Kabupaten Parnekasan Sklipsi. Pembimbing: Dr. H. Taufiqurrahman , M.Pd Tahun: 2016
Kata Kunci: Guru, Pedagogik, Kompetensi, PAl , Pembelajaran
Program SMP Negeri I Carnplong memiliki tenaga profesional dan fasilitas yang memadai untuk materi PAI seperti halnya disediakan mushalla, al-Qur'an, dan jug mukenah. Persiapan sebelum mengajar dilakukan dengan matang agar proses pembelajaran lebih terarah. Persiapan tersebut diantaranya meliputi silabus, RPP, prota, promes. Dalarn pembelajaran agarna yang metode paling sering digunakan adalah ceramah, diskusi, dan kelompok. Sedangkan media yang digunakan adalah papan tulis di sertai praktik untuk mata pelajaran yang dibutuhkannya. Sedangkan dalarn penilaian guru sudah menggunakan nilai formatif, sumatif, u1angan harian, UKK, prostest, dan pritest.
Dalam penilitian ini ada tiga fokus, yaitu pertama, bagaimana guru PAl di
SMP Negeri 1 Camplong dalam mempersiapkan pelajaran. Kedua, bagaimana kemampuan guru PAI di SMP Negeri 1 Camplong dalam melaksanakan pembelajaran. Ketiga, bagaimana kemampuan guru PAI di SMP Negeri I Camplong dalam menilai pembelajaran.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dikarenakan
karena data yang di ambil berupa kata-kata bukan angka. Sedangkan tekhnik pngumpulan gata yang qiJukan, adah wawancara, opsrvasi, qan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini mementingkan proses dari pada hasil. Proses merupakan suatu yang lebih jelas di bandingkan hanya sekedar hasil.
Hasil ini menunjukkan bahwa: 1) guru sudah melakukan pesrsiapan sebelum mengajar karena persiapan sebelum mengajar selain tanggung jawab dapat mengarabkan dalam mengajarakan materi agama islam. Dengan adanya persiapan sebelum mengajar ini dapat menghindari kegagalan dan kendala dalam pembelajaran . Ada.pun persiapan itu meliputi RPP, silabus, prota, promes, spidol, soal-soal ulangan , menganalisa materi, dan buku-buku yang relevan, serta AHU
2) guru sudah menguasai materi pembelajaran karena dengan menguasi materi
pembelajaran akan memudahkan siswa memahami materi pembelajaran dengan benar dan terhindar dari segala kegagalan, sehingga proses pemeblajaran akan berjalan dengan lancar 3) guru sudah melakukan penilaian karena penilaian dapat mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi dan jugak untuk memotifasi siswa untuk lbih git belajar, serta mengukur tercapainya tujuan pembelajaran
yang telah di tentukan.
Tidak tersedia versi lain