Text
Implementasi Total Quality Management Dalam Menumbuhkan Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang
ABSTRAK
Musdolifah, 2017, Implementasi Total Quality Management Dalam Menumbuhkan Loyalitas Nasabah Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Sampang, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Sakinah, M.E.I.
Kata Kunci: Total Quality Management, Loyalitas
Di era global ini, semua perusahaan tidak luput pula dengan lembaga keuangan berlomba-lomba bersaing untuk menjadi perusabaan yang terbaik dan maju. Begitupun dengan lembaga keuangan syariah yang semakin waktu semakin berkembang dan mulai membuat banyak masyarakat semakin berminat. Hal ini pula yang terjadi di lembaga keuangan bank syariah di Kabupaten Sampang salah satunya adalah bank syariah mandiri .
Bank syariah mandiri menekankan pada prinsip manajemen yang baik dari segala bidang. Cara yang dilakukan bank syariah mandiri adalah dengan selalu memperbaiki sistem yang ada di lembaga tersebut dengan berkelanjutan atau konsisten baik dari segi pelayanan, produk dan sumber daya manusianya secara total . Fenomena ini menggambarkan tentang total quality management yang dilakukan oleh bank syariah mandiri untuk bisa membuat nasabah puas sehingga berharap untuk bisa menarik nasabah agar selalu loyal terhadap lembaga tersebut.Dari konteks di atas, maka yang menjadi fokus penelitian yang akan dikaji adalah sebagai berikut, yang pertama, bagaimana penerapan prinsip Total Quality Management di Bank Syariah mandiri Sampang? Kedua, apakah penerapan Total Quality Management berimplikasi dalam menumbuhkan loyalitas nasabah Bank Syariah Mandiri Sampang?
Metodelogi yang digunanakan untuk penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Dengan sumber data dari wawancara, dimana yang menjadi informannya adalah karyawan dari Bank Syariah Mandiri Sampang dan nasabah dari bank tersebut. Pengecakan keabsahan data dengan cara melakukan ketekunan pengamatan, dan tringulasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bank Syariah Mandiri Sampang telah menerapkan total quality management yang baik dan sesuai prinsip total quality management, prinsip tersebut diantaranya adalah melakukan perbaikan secara berkesinambungan dan terus-menerus, melakukan kerja sama tim yang baik, mencipakan lingkungan kerja yang nyaman, berfokus pada kepuasan nasabah dan peningkatan mutu atau kualitas karyawan. Dampak dari konsep TQM yang baik ini, berpengaruh pada kualitas pelayanan yang prima dan maksimal serta falitas yang memadai kepada nasabah, sehingga membuat nasabah menjadi nyaman dan puas. Dampak rasa puas inilah yang pada akhirnya mampu meningkatkan rasa loyalitas para nasabah yang ada di Bank Syariah Mandiri.
Tidak tersedia versi lain