Text
Penerapa11 Metode Dri!ls (/atilzan) Dalam 1\lfata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Diniyalz Takmiliy alz Jl wwaliyalz Al Muzakki Ceguk Tlanakan Pamekasan
Ghufranol Hasan, 2016, Penerapa11 Metode Dri!ls (/atilzan) Dalam 1\lfata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Diniyalz Takmiliy alz Jl wwaliyalz Al Muzakki Ceguk Tlanakan Pamekasan . Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendid ikan Agama Islam, Pembimbing Dr. H. Saiful Hadi M.Pd .
Kata Kunci : Penerapan Metode Drills (la ti han), Mata Pelajaran Fiqih di Mad rasah Diniyah.
Penerapan metode drills (latihan) merupakan metode pembelajaran yang membiasakan suatu aktifitas kepada seorang anak atau peserta didik. Dalam konteks ini seorang anak dibiasakan melakukan perbuatan-perbu atan yang positif (baik) sehingga akan tercermin dalam kehid upan sehari-hari.
Disamping itu, mata pelajaran Fikih di Madrasah diniyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang mempelajari tentang fikih ibadah, terutama menyangkut pengen alan dan pemahaman tentang cara-cara pelaksanaan rukun Islam dan pembiasaannya dalam kehidupan sehari-hari, serta fikih muamalah yang menyangkut pengenalan dan pemahaman sederhana mengenai ketentuan tentang makanan dan minuman yang halal dan haram dll.
Berdasarkan hal tersebut, maka terdapat dua fokus yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini, Pertama, Bagaimana proses pelaksanaan penerapan metode drills (latihan) dalam mata pelajaran Fiqih pada materi Bab Sholat dan Wudu' di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Al-Muzakki Ceguk Tlanakan Pamekasan? Kedua: Bagaimana implikasi penerapan metode drills (latihan) terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Al-Muzakki Ceguk Tlanakan Pamekasan?
Peneli tian ini menggunakan pendekatan kuali tatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Infonnannya adalah Kepala Madrasah, Guru mata pelajaran, Siswa-siswi. Sedangkan pengecekan kebsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutse1iaan, ketekunan Pengamatan , dan t1iangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan pertama, proses pelaksanaan penerapan metode latihan dalam mata pelajaran fiqih Di Madrasah Diniyah Al-Muzakki sudah berjalan dengan baik dan sudah banyak peningkatan dari sebelumnya, dikarenakan atas semangat dan kinerja guru-guru terutama pada guru mata pelajaran fikih sudah berjalan dengan baik karena siswa benar-benar dibimbing dan diayomi apalagi dalam proses pelaksa.naan penerapan metode latihan pada mata pelajaran fiqih hususnya pada materi tentat'lg slialat dan wudu'. Kedua, implikasi dari penerapan metode latihan ini terhadap basil belaj ar siswa terntama pada materi tentang shalat dan wudu' sudah lumayan bagus karena di l ihat dari keberhasi lan siswa dalam belajar untuk tahun ini sangat meningk at dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya karena pemahaman siswa terhadap penerapan metode latihan ini dapat di lihat dari basil belajar siswa yakni sudah banyak perubahan karena siswa merasa Iebih mudah dalam belajar dan lebih mudah dalam memahami .
Tidak tersedia versi lain