Text
PENGARUH UJRAH TERHADAP MINAT NASABAH GADAI DI PT. BPRS SARANA PRIMA MANDIRI (SPM) PAMEKASAN
SitiNurFaqinah, 2017, Pengaruh Ujrah Terhadap MinatNasabahGadai di PT.
BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan, Skripsi, Program Studi PBS,
Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil.
Kata kunci: Ujrah, MinatNasabah, BPRS Sarana Prima Mandiri
Perbankan pada saat ini baik itu bank yang beroperasi secara
Konvensional maupun bank yang beroperasi secara Syariah telah banyak
beroperasi di wilayah-wilayah Indonesia termasuk Bank syariah di Wilayah
Madura khususnya Pamekasan. Salah satunya yaitu BPRS Sarana Prima Mandiri
(SPM) Pamekasan. Sebagai perbankan yang masih baru dibandingkan bank-bank
lainnya yang sudah beroperasi di wilayah Madura khususnya Pamekasan.Jika
ujrah terus dipertahankan dan dikembangkan dengan baik, maka akan
menciptakan suatu kaitan emosional antara minat nasabah dan perusahaan,
sehingga hal tersebut nantinya akan berdampak baik kepada perusahaan.
Permasalahan yang muncul yaitu apakah ada pengaruh ujrah terhadap minat
nasabah gadai dan seberapa besar pengaruhnya.
Tujuannya yangpertama untuk mengetahui bagaimana pengaruh ujrah
terhadap minat nasabah gadai dan yang keduauntukmengetahuiseberapa besar
pengaruh ujrah terhadap minat nasabah gadai.Jenis penelitian ini yaitufield
research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.
Populasi penelitian adalah nasabah gadai yang masihaktif PT. BPRS Sarana
Prima Mandiri (SPM) Pamekasan dengan menggunakan metode simple random
sampling serta penentuan jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin pada
tingkat kesalahan 10%. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi
linear sederhana.
Hasil perhitungan secara parsial diiperoleh t hitung sebesar 4,168>t tabel
sebesar1,665 yang berarti menerima hipotesis ada pengaruh
ujrah terhadap minat nasabah gadai.Sedangkan nilai R square sebesar 0,763 atau
76,3%. Hal inibahwaminatnasabahgadaidipengaruhiolehbesaranbiayatitip (ujrah)
sebesar76,3% dansisanya 23,7% dipengaruhiolehfaktor lain yang tidakditeliti,
seperti produk, promosi, dan saluran penelitian.
Tidak tersedia versi lain