Text
KEPATUHAN CUSTOMER SERVICE PADA STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DI KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH (KSPPS BTM) SANG SURYA PAMEKASAN
Faridatus, Aprilianti 2017. Kepatuhan Customer Service Pada Standard
Operating Procedure (SOP) di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan
Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS BTM) Sang Surya
Pamekasan, Program Studi Perbankan Syari’ah Sekolah Tinggi Agama
Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing: DR. R. Agoes Kamaroellah,
M.Si
Kata Kunci: Customer Service, Kepatuhan, dan Standard Operating Procedure
Pekerjaan customer service tidak mudah karena melayani nasabah
memerlukan keterampilan. Pekerjaan ini harus ditekuni dengan penuh
kemampuan, kecekatan, dan kesabaran. Tidak semua orang dapat menjadi
customer service seperti yang diinginkan perusahaan atau bank. SOP mengatur
bagaimana karyawan bekerja sesuai dengan langkah-langkah pekerjaan yang
mesti dilakukan agar kinerja dalam pekerjaan tersebut mendukung pencapaian
mutu kinerja organisasi secara keseluruhan, dan pada akhirnya mendukung
terciptanya produk barang atau jasa dengan mutu yang tinggi.
Berdasarkan hal tersebut, fokus dalam penelitian ini adalah: Pertama,
Bagaimana Standard Operating Procedure (SOP) Customer Service di Koperasi
Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS
BTM) Sang Surya Pamekasan? Kedua, Bagaimana Kepatuhan Customer Service
terhadap Standard Operating Procedure (SOP) di Koperasi Simpan Pinjam
Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS BTM) Sang Surya
Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
kualitatif deskriptif, yang dalam hal ini menggunakan tiga teknik pengumpulan
data yaitu, teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti, menunjukkan bahwa:
Pertama, Standard Operating Procedure (SOP) Customer Service di Koperasi
Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS
BTM) Sang Surya Pamekasan yaitu; a) SOP di KSPPS BTM Sang Surya sesuai
dengan Standard umum lembaga keuangan syariah lainnya; Kedua, Kepatuhan
Customer Service terhadap Standard Operating Procedure (SOP) di Koperasi
Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitut Tamwil Muhammadiyah (KSPPS
BTM) Sang Surya Pamekasan yaitu; a) Tingkat pengukuran kepatuhan
sesungguhnya ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Langkah Pertama,
membangun suatu standart kinerja yang dilandasi untuk mencapai tujuan
organisasi. Kedua, mengukur kinerja yang sebenarnya telah dilakukan. Ketiga,
membandingkan kinerja nyata dengan standart kinerja yang ditentukan. Keempat,
mengambil tindakan yang diperlukan, artinya bila kinerja aktualnya lebih buruk
dari standart, maka perlu pemberitahuan kepada karyawan yang bersangkutan
untuk memperbaiki kinerjanya; b) SOP di KSPPS BTM Sang Surya sudah
berjalan dengan baik dan mencapai persentase sekitar 80%-90%; c) Customer
Service sudah mematuhi Standard Operating Procedure (SOP) yang ada di
KSPPS BTM Sang Surya Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain