Text
PENERAPAN NEW WAVE MARKETING DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) PADA PT. BRISYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU PAMEKASAN
Hoirus Sholihin, 2017, Penerapan New Wave MarketingDalam Menghadapi
Persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) Pada PT. BRISyariah Kantor
Cabang Pembantu Pamekasan)Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah,
Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, STAIN Pamekasan
Pembimbing: Abdul Mukhti Thabrani, Lc.MHI
Kata Kunci: New Wave Marketing, Hambatan, Persaingan
Dewasa ini persaingan di industri Perbankan Syariah yang semakin ketat
dimana pesaing saat ini bukan hanya datang datang dari dalam kota melainkan
datang dari luar negeri, hal ini merupakan sebuah tuntutan bagi berlaku industri
Perbankan Syariah khususnya BRI Syariah KCP Pamekasan yang berada di Kota
Pamekasan, agar mampu bersaing dalam kondisi persaingan yang semakin
kompleks jika tidak ingin tergeser oleh pesaingnya, untuk itu perlu diberlakukan
terobosan–terobosan kebijakan agar mampu bersaing di pasar dengan mengacu
pada Strategi New Wave Marketing.
Fokus penelitian ini adalah 1) bagaiamana penerapan konsep New Wave
Marketing di PT. BRISyariah KCP Pamekasan, 2) apa saja hambatan, peluang,
dan tantangan PT. BRISyariah KCP Pamekasan dalam menghadapi persaingan
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)
Penelitiani ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data–data yang
berhubungan dengan penelitian didapatkan melalui observasi secara langsung,
wawancara dengan informan terkait dan dokumentasi. Untuk pengembangan data
guna mendapatkan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi
sumber data yaitu Pimpinan, Karyawan, dan Nasabah.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BRI Syariah KCP
Pamekasan belum maksimal dalam menerapkan New Wave Marketing, hal ini
lebih dikarenakan beberapa komponen yang ada pada New Wave Marketing
belum bisa dilaksanakan secara maksimal oleh BRI Syariah KCP Pamekasan
seperti Segmentation is Communitization, Differentiation is Codification, Brand is
Character dan Proces is Collaboration. Untuk kondisi persaingan Perbankan
Syariah dalam menjawab tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), BRI
Syariah KCP Pamekasan sudah berusaha menyiapkan diri dengan berbagai
program handalan dan kebijakan-kebijakan strategis dalam memberikan
kenyamanan, keamanan, keleluasaan dan kebaikan bagi nasabahnya. Pelayanan
yang prima dan berkualitas terus dilakukan dan ditingkatkan melalui peningkatan
kompetensi bagi sumber daya manusia di dalamnya. Begitu juga dengan
pengelolaan dan manajemen perbankan perlu dilakukan secara komprehensif.
Sehingga internalisasi pengelolaan dapat dijadikan sebagai sumber dalam
pengembangan ekternalisasi perbankan melalui penyatuan program yang
mempunyai akuntabilitas dan professional.
Tidak tersedia versi lain