Text
PENGARUH DISTRIBUSI LAYANAN ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BRISYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) PAMEKASAN
Dewi Norkumala, 2017, Pengaruh Distribusi layanan Anjungan Tunai Mandiri
(ATM) Terhadap Kepuasan Nasabah BRISyariah Kantor Cabang Pembantu
(KCP) Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi
Bisnis Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. R. Agoes Kamaroellah, M.Si.
Kata Kunci: Distribusi Layanan, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Kepuasan
nasabah
Anjungan tunai mandiri (ATM) sebagai salah satu fasilitas dalam dunia
perbankan hadir untuk membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas
keuangan berbasis bank. Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan
masyarakat akan jasa perbankan, Sehingga kepuasan nasabah menjadi hal yang
sangat penting bagi setiap bank. Peran serta distribusi layanan anjungan tunai
mandiri (ATM) dalam mengembangkan jasa perbankan kini mulai banyak
diperbincangkan oleh hampir semua kalangan masyarakat. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian
ini, yaitu: pertama, apakah distribusi layanan anjungan tunai mandiri (ATM)
mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BRISyariah kantor
cabang pembantu (KCP) Pamekasan; kedua, seberapa besar pengaruh distribusi
layanan anjungan tunai mandiri terhadap kepuasan nasabah.
Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu variabel bebas (distribusi
layanan anjungan tunai mandiri (ATM)) dan variabel terikat (kepuasan nasabah).
Populasi 5000 orang dengan sampel 100 orang. Metode penelitian kuantitatif
dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Jenis data yang digunakan adalah
data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah nasabah
BRISyariah kantor cabang pembantu (KCP) Pamekasan yang menggunakan
anjungan tunai mandiri (ATM).
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
distribusi layanan anjungan tunai mandiri (ATM) terhadap kepuasan nasabah
BRISyariah kantor cabang pembantu (KCP) Pamekasan. Hal tersebut dinyatakan
berdasarkan hasil Uji-t menghasilkan nilai koefisien korelasi t hitung = 6,318 > ttabel
= 1,984 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05, serta nilai koefisien beta
yang bernilai positif. Dari hasil koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan
SPSS (statistical product and service solutions) versi 24.0, dengan melihat
perolehan R square sebesar 0,289. Artinya 28,9% kepuasan nasabah dijelaskan
oleh distribusi layanan anjungan tunai mandiri (ATM). Sedangkan sisanya sebesar
71,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tiadak dijelaskan dalam penelitian ini.
Tidak tersedia versi lain