Text
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGAN FAEDAH DI PT. BANK BRI SYARIAH KCP PAMEKASAN
Erina Atikotul Jamilah, 2017. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan
Nasabah Memilih Program Tabungan FAEDAH di PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan.
Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing
Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Bauran Promosi, Keputusan Nasabah.
Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap keberadaan sistem perbankan yang
sesuai dengan prinsip syariah mendapat respon positif dari pemerintah. Bank berusaha
semaksimal mungkin melakukan dana tarik (insentif) ekonomi berupa bunga tinggi, bonus
serta hadiah yang menarik. Berbagai macam langkah dilakukan bank dengan tujuan
menghimpun dana masyarakat, salah satu cara untuk meningkatkan profitabilitas bank dalam
mencari nasabah menggunakan strategi pemasaran. Pengarahan kegiatan pemasaran hanya
mungkin dapat dilakukan dengan menetapkan garis-garis besar pedoman atau
patokan/panduan umum perusahaan dalam bidang pemasaran, yang sering dikenal dengan
kebijakan pemasaran, yang lebih menekankan pemberian pelayanan yang memuaskan kepada
konsumen
Tujuan dari penelitian ini, pertama: peneliti ingin mengetahui pengaruh bauran
promosi terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan FAEDAH di PT. Bank BRI
Syariah KCP Pamekasan; kedua: peneliti ingin mengetahui variabel mana dari bauran
promosi yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah memilih
produk tabungan FAEDAH di PT. Bank BRI Syariah KCP Pamekasan.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 responden dengan teknik pengambilan
sampel dengan sampling incidental. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang
bersifat hubungan kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan
kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif
untuk mencari pengaruh variabel independen dan dependen menggunakan analisis regresi
linear berganda. Uji statistiknya menggunakan uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Dari hasil pengelolaan data penelitian diperoleh regresi linear berganda Y = 3,664 +
0,088X1 + 0,004X2 + 0,297X3 + 1,141X4 + e dan besarnya pengaruh bauran promosi yang
dijelaskan dalam variabel periklanan; promosi penjualan; publisitas dan penjualan pribadi
terhadap keputusan nasabah sebesar 75,4%. Berdasarkan uji t menunjukkan bahwa X1 nilai
thitung 0,795 < ttabel 1,996 signifikan 0,430 > 0,05; X2 nilai thitung 0,031 < ttabel 1,996 dengan
taraf siginifikan 0,975 > 0,05; X3 nilai thitung 1,841 < ttabel 1,996 dengan taraf signifikan 0,070
> 0,05; dan X4 nilai thitung 7,559 > ttabel 1,996 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti
hal ini menunjukkan bahwa variabel penjualan pribadi (X4) berpengaruh dan signifikan
terhadap keputusan nasabah. Sedangkan berdasarkan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung
51,454 > Ftabel 2,75 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti bauran promosi yang
dijelaskan dalam variabel periklanan; promosi penjualan; publisitas dan penjualan pribadi
terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan FAEDAH di PT. Bank BRI Syariah
KCP Pamekasan. Berdasarkan koefisien determinasi diketahu bahwa variabel independen
menjelaskan variabel dependen sebesar 75,4%.
Tidak tersedia versi lain