Text
Standarisasi Pelayanan Customer Service dalam Upaya Mempertahankan Loyalitas Nasabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) Sang Surya Pamekasan
ABSTRAK
Siti Hairunnisah, 2017, “Standarisasi Pelayanan Customer Service dalam
Upaya Mempertahankan Loyalitas Nasabah di Koperasi Simpan Pinjam
Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) Sang Surya
Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan
Bisnis Islam, Pembimbing: H. Abdul Mukti Thabrani, Lc. M. HI.
Kata Kunci: Standarisasi Pelayanan Customer Service, Mempertahankan
Loyalitas Nasabah.
Lembaga keuangan syariah terutama BMT mempunyai Standart
Operating Procedure (SOP) yang diartikan sebagai Pedoman atau acuan untuk
melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi atau alat penilaian kinerja
berdasarkan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja, dan sistem kerja pada
unit kerja yang bersangkutan. hal ini mendorong gairah dan semangat kerja, dan
terwujudnya tujuan lembaga dan karyawan serta masyarakat. Oleh karena itu
customer service dapat memberikan pelayanan yang maksimal agar nasabah
merasa puas dan menjadi loyal dan bertahan di KSPPS BTM Sang Surya
Pamekasan.
Yang menjadi fokus dari permasalahan tersebut yaitu: pertama,
Bagaimana Standarisasi Pelayanan Customer Service Dalam Upaya
Mempertahankan Nasabah, kedua, Bagaimana loyalitas nasabah di KSPPS BTM
Sang Surya Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah pimpinan, customer service dan nasabah KSPPS BTM Sang
Surya. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, trigulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama: Standarisasi Pelayanan
Customer Service dalam Upaya Mempertahankan Loyalitas Nasabah sudah
terstandarisasi dan disetujui oleh pihak KSPPS BTM Sang Surya dan menjalankan
pelayanan yang maksimal supaya nasabah merasa puas dengan pelayanan yang di
berikan Customer service ,standarisasi pelayanan sudah tertera di dalam (SOP),
upaya untuk mempertahankan nasabah dengan cara mendekati nasabah dengan
penjemputan tabungan atau ansuran pembiayaan ke rumah nasabah atau jemput
bola, juga pemberian hadiah setiap tahunnya. Pelayanan yang diberikan dengan
menyediakan sarana dan prasarana, peduli, melayani dengan cepat tanggap,
bersabar dan menghargai nasabah, keandalan, kepastian serta daya tarik untuk
nasabah. Kedua: Loyalitas nasabah di KSPPS BTM Sang Surya merupakan
esetiaan nasabah yang ingin bertahan secara mendalam dan melakukan
pembiayaan secara teratur atau terus menerus, dan nasabah yang loyal melakukan
promosi tentang produk dari lembaga yaitu funding dan lending kepada teman
kerabat dan keluarga, hal tersebut merupakan bentuk kesetiaan nasabah
Tidak tersedia versi lain