Text
trategi Marketing di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Zainal Abidin , 2017, Strategi Marketing di BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan
Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE., MM., M.Si.
Kata Kunci: Strategi Marketing di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Perkembangan pada era globalisasi dalam dunia bisnis semakin hari
semakin berkembang dan ketat. Salah satu metode yang selalu dikembangkan dan
diperhatikan oleh para manajer bisnis adalah bagaimana mereka dapat
menciptakan strategi perusahaan yang dapat memberikan pengalaman positif
kepada konsumen mengenai nilai lebih dari suatu produk, merek maupun
pelayanan dari perusahaan, sehingga citra yang baik mengenai perusahaan dapat
tertanam dibenak konsumen. Perusahaan semakin banyak menerapkan upayaupaya untuk mendukung strategi perusahaan, tidak hanya terfokus pada kualitas
produk yang baik, tetapi perusahaan juga berusaha sedemikian rupa untuk
mencoba memberikan pelayanan terbaik guna mempererat hubungan dan
memberikan nilai lebih serta kepuasan tersendiri bagi konsumen.
Oleh karena itu peneliti ingin meneliti strategi marketing oriented, promotion di
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Dari hal itu fokus penelitian ini ada dua,
pertama Apa strategi Marketing yang dominan dalam peningkatan Loyalitas
Nasabah BPRS Sarana Prima Mandri Pamekasan dan Bagaimana strategi
Marketing terkait dengan peningkatan Loyalitas Nasabah BPRS Sarana Prima
Mandiri Pamekasan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.
Informan dalam penelitian ini adalah AO Funding BPRS Sarana Prima Mandiri
dan Nasabah BPRS Sarana Prima Mandiri. Pengecekan keabsahan data dengan
mengunakan pengecekan, triangulasi, kasus negatif, dan perpanjangan waktu
penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi marketing oriented
promotion yang digunakan oleh BPRS Sarana Prima Mandiri pamekasan itu lebih
secara kekeluargaan dan lebih mengutamakan ke lembaga dari pada ke individual
karena ada pengikat antara BPRS Sarana Prima Mandiri dan Lembaga, seperti
pembayaran SPP dan tabungan siswa selain dari itu BPRS Sarana Prima Mandiri
juga memberikan pelayanan yang sangat baik dan juga fasilitas yang sangat baik
seperti program ATM (Antar Tarik Manusia) dan juga tabungan kotak untuk
nasabah yang berpotensi untuk menabung dan pihak BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan juga memberikan parsel tiap tahun untuk nasabah yang menabung di
atas 50jt dan deposito di atas 100jt dan untuk lembaga mendapatkan jam dinding,
payung dan lain-lain tiap tahunnya.
Tidak tersedia versi lain