Text
Penerapan Direct Marketing Pada Produk Tabah (Tabungan Mudharabah) Di KSPP Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang Larangan Pamekasan
ABSTRAK
Halimah, 2017, Penerapan Direct Marketing Pada Produk Tabah
(Tabungan Mudharabah) Di KSPP Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang
Larangan Pamekasan,skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan
Ekonomi dan Bisnis Islam, STAIN Pamekasan, Pembingbing: Muhammad Bashri
Asyari M,A
Kata Kunci: Direct Marketing, Mudharabah
Manajemen pemasaran dapat diterapkan pada semua bidang usaha. Dalam
manajemen terdapat fungsi penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan atau
penerapan serta pengawasan. Tahap perencanaan merupakan tahap yang
menentukan terhadap kelangsungan dan kesuksesan suatu organisasi pemasaran.
Proses perencanaan merupakan satu proses yang selalu memandang kedepan atau
pada kemungkinan masa akan datang termasuk dalam pengembangan program,
kebijakan dan prosedur untuk mencapai tujuan pemasaran.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua fokus penelitian yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana cara mengetahui
strategi direct marketing pada produk Tabah di KSPP Syariah BMT NU Cabang
Larangan. Kedua, Bagaimana efektivitas direct marketing pada produk tabah di
KSPP Syariah BMT NU Cabang Larangan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah Staf KSPPS BMT NU cabang Larangan, Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
kekuatan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian dari fokus pertama yaitu: pertama, di KSPPS BMT NU
cabang Larangan menerapkan beberapa strategi marketing yaitu bertemu secara
langsung melalui mediasi atau perorangan, door to door, mouth to mouth, dan
melalui pendekatan terhadap pangsa pasar yang lingkungannya agak padat
penduduknya. Sedangkan hasil penelitian dari fokus kedua yaitu: Kedua,di
KSPPS BMT NU cabang Larangan efektivitas pada produk Tabah yaitu
melakukan pekerjaan yang benar dalam mengejar target suatu lembaga,
pencapaian target promosi, dan tahun 2015 pada bulan januari mengalami
peningkatan karna jumlah produk tabah semakin meningkat dan sesuai dengan
target pencapaian.
Tidak tersedia versi lain