Text
PENGARUH LAYANAN SHORT MESSAGE SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL NUANSA UMMAT CABANG GALIS KABUPATEN PAMEKASAN
Raudlatul Jannah, 2017, Pengaruh Layanan Short Message Service Terhadap
Kepuasan Nasabah di Baitul Maal wat Tamwil Nuansa Ummat Cabang
Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah,
Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Fatati
Nuryana, M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh Layanan Short Message Service, Kepuasan Nasabah,
Baitul Maal wat Tamwil
Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Nuansa Ummat (NU) Cabang Galis
merupakan lembaga keuangan yang menawarkan jasa simpan pinjam pembiayaan
berbasis syariah yang berintikan “bayt al-maal wa al-tamwil”. BMT NU memiliki
misi mengembangkan usaha produktif demi meningkatkan kualitas ekonomi
pengusaha mikro serta mendorong kegiatan menabung dalam rangka mengangkat
darajat masyarakat menengah ke bawah, sehingga perlu diteliti bagaimana
kepuasan nasabahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah
variabel assurance (jaminan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah
di BMT NU Cabang Galis?, apakah variabel tangible (bukti fisik) berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah di BMT NU Cabang Galis?, apakah
variabel responsiveness (ketanggapan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah di BMT NU Cabang Galis?, apakah variabel assurance, tangible, dan
responsiveness secara bersama-sama (serentak) berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah di BMT NU Cabang Galis?.Tujuan penelitian ini yaitu pertama
untuk mengetahui pengaruh assurance (jaminan) terhadap kepuasan nasabah di
BMT NU Cabang Galis. Kedua, untuk mengetahui pengaruh tangible (bukti fisik)
terhadap kepuasan nasabah di BMT NU Cabang Galis. Ketiga, untuk mengetahui
pengaruh responsiveness (ketanggapan) terhadap kepuasan nasabah di BMT NU
Cabang Galis. Keempat, untuk mengetahui pengaruh assurance, tangible, dan
responsiveness secara bersama-sama (serentak) terhadap kepuasan nasabah di
BMT NU Cabang Galis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan untuk mencari
pengaruh variabel independen dan dependen menggunakan analisis regresi linear
berganda. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain: uji t
(parsial), uji F (serentak), dan koefisien determinasi (R2). Jenis data yang
digunakan yaitu data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 92 responden dengan rumus Taro Yamane dengan metode
sampel Insidental (Insidental Sampling).
Hasil uji parsial diperoleh (assurance dan tangible) yaitu 3,840 dan 9,530
lebih besar dari ttabelyaitu 1,661, sedangkan thitung (responsiveness) yaitu 0,711
lebih kecil dari ttabelyaitu 1,661. Dari tiga variabel (assurance, tanggible,
responsiveness) tersebut menunjukkan bahwa dimensi assurance dan tangible
yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji serentak
yaitu Fhitung lebih besar dari Ftabel (47,110> 2,71 ) yang berarti bahwa layanan short
message service berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Tidak tersedia versi lain