Text
STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NASABAH PADA PRODUK ARRUM HAJI DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG PAMEKASAN
Kholilah, 2017.“Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Nasabah Pada Produk
Arrum Haji di Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan”. Skripsi Program Studi
PBS, Jurusan Syariah, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE. MM., M.Si
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada Produk
Arrum Haji.
Penelitian ini bertujuan : pertama, untuk mengetahui strategi pemasaran
yang digunakan Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan dalam memasarkan
produk arrum haji. Kedua, untuk mengetahui strategi yang digunakan pegadaian
syariah cabang pamekasan untuk meningkatkan jumlah nasabah dan untuk
mempertahankan nasabah yang lama.
Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
kualitatif. Data yang digunakan yaitu file-file yang berkaitan dengan produk
arrum haji serta dokumen lainnya seperti brosur arrum haji.
Dari hasil penelitian menunjukkan: Pertama,strategi pemasaran yang
digunakan oleh pegadaian syariah cabang pamekasan adalah menggunakan tiga
elemen yang terdapat di bauran pemasaran dan ini dibuktikan dengan
bertambahnya nasabah produk arrum haji. Kedua, untuk meningkatkan jumlah
nasabah tabungan haji pegadaian syariah melakukan beberapa upaya yaitu dengan
memberikan pelayanan yang baik kepada para nasabah dan calon nasabah dan
untuk mempertahankan nasabah lama Pegadaian Syariah Cabang Pamekasan
memberikan kupon berhadiah dengan cara diundi setiap tiga bulan satu kali
Tidak tersedia versi lain