Text
IMPLEMENTASI MARKETING MIX PADA PRODUK TABUNGAN DIBMT SIDOGIRI CABANG PAKONG PAMEKASAN
Ahmad Baidawi 2017, Implementasi Marketing Mix pada Produk Tabungan di BMT Sidogiri Cabang Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syari’ah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pamekasan, Pembimbing Dr. Rudy Haryanto, S. ST., MM.
Kata kunci :Marketing Mix, Tabungan dan BMT Sidogiri
Marketing mix merupakan perangkat alat pemasaran, faktor yang dapat dikendalikan produk, price, promosion, place, people, process, dan physical evidence yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diiginkan dalam pasar sasaran. Marketing mix digunakan oleh BMT Sidogiri Cabang Pakong untuk memasarkan produk-produknya. BMT UGT Sidogiri Cabang Pakong merupakan BMT Sidogiri Kantor Cabang di Pakong sejak tahun 2010.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi marketing mix di BMT Sidogiri Cabang Pakong meliputi kesesuaian dengan etika Islam serta dampak positifnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Jenis penelitian kualitatif ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan sumber data yang diperoleh melalui observasi pada karyawan BMT UGT Sidogiri Cabang Pakong mengenai implementasi Marketing mix yang digunakan oleh para karyawan untuk memasarkan produk, wawancara dengan para karyawan, nasabah, serta pihak-pihak yang dilibatkan untuk memasarkan produk misalnya tokoh masyarakat di Pakong, dan dokumentasi mengenai laporan pemasaran, peningkata produk, serta beberapa penghargaan yang didapatkan karyawan BMT UGT Sidogiri Cabang Pakong.
Dari hasil penelitian menunjukkan BMT UGT Sidogiri Cabang Pakong Pamekasan menggunakan marketing mix pada pemasaran produk tabungan dengan tujuh poin diantaranya produk yaitu produk penghimpunan dana, harga (price) yaitu RP 10.000, semua produk tabungan, Promosi (promosion) menggunakan media sosial dan secara langsung ke lapangan, tempat (place) mengena tempat di BMT UGT Sidogiri Cabang Pakong itu kurang strategis, partisipan (people) di BMT UGT Sidogiri para karyawan dengan melibatkan beberapa masyarakat, proses (process) BMT UGT Sidogiri Cabang Pakong memberikan jasa pelayanan transfer uang antar sesama BMT UGT Sidogiri, dan lingkungan fisik (physical evidence) sangat didukung dengan karakteristik keagamaan masyarakat, sehingga dengan penerapan marketing mix memberikan dampak positif pada BMT Sidogiri Cabang Pakong Pamekasan serta sesuai dengan konsep pemasaran etika Islam
Tidak tersedia versi lain