Text
PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI ANGGOTA DI BAITUL MAL WAT TAMWIL NUANSA UMAT CABANG CAMPLONG KABUPATEN SAMPANG
Sri Wahyuni, 2017, Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Menjadi
Anggota di Baitul Mal wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Camplong Kabupaten
Sampang, Skripsi, Program Studi PBS, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam,
Pembimbing: Dr. Eko Ariwidodo, M.Phil
Kata kunci: Personal Selling, Keputusan Menjadi Anggota, Baitul Mal wat
Tamwil Nuansa Umat.
Lembaga keuangan syariah terus berkembang di perkotaan hingga di
pedesaan, tidak terkecuali adanya Baitul Mal wat Tamwil Nuansa Umat di daerah
Camplong, Kabupaten Sampang. Konsekuensinya, dituntut untuk menerapkan
segala proses manajemennya berdasarkan prinsip syariah, begitu pula pada
pemasarannya. Manajemen pemasaran memberikan sumbangan fungsional yang
paling besar dalam proses perencanaan strategis dan menganalisis situasi
lingkungan persaingan serta situasi bisnis dalam mengembangkan tujuan Baitul
Mal wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Camplong Kabupaten Sampang tersebut.
Permasalahan yang muncul yaitu bagaimana pengaruh signifikan personal selling
terhadap keputusan menjadi anggota di Baitul Mal wat Tamwil Nuansa Umat
Cabang Camplong, Kabupaten Sampang dan seberapa besar pengaruh personal
selling terhadap keputusan menjadi anggota di Baitul Mal wat Tamwil Nuansa
Umat Cabang Camplong, Kabupaten Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis
regresi linear sederhana, dan bantuan alat analisis SPSS Versi 18. Jenis data yaitu
menggunakan data primer, respondennya sejumlah 1.282 seluruh anggota yang
ada di Baitul Mal wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Camplong, Kabupaten
Sampang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi,
penyebaran angket dan dokumentasi. Pembuktian hipotesis menggunakan uji
asumsi klasik, uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana
menyatakan bahwa ada pengaruh antara penjualan personal selling terhadap
keputusan menjadi anggota. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai koefisien
korelasi t hitung 3,301 > t tabel 1,662 dengan taraf signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Hal
ini berarti bahwa personal selling secara parsial mempunyai pengaruh yang
signifikan dan mempunyai kecenderungan dalam meningkatkan keputusan
menjadi anggota di Baitul Mal wat Tamwil Nuansa Umat Cabang Camplong,
Kabupaten Sampang. Berdasarkan pada penelitian ini diharapkan bisa menjadi
informasi dan masukan bagi BMT NU Cabang Camplong, Kabupaten Sampang
sebagai bahan pertimbangan baik secara langsung maupun tidak langsung untuk
mengevaluasi kebutuhan masyarakat pada perkembangan selanjutnya, khususnya
dalam menerapkan konsep personal selling yang sebenarnya.
Tidak tersedia versi lain