Text
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI BRISYARIAH KCP PAMEKASAN
Mohammad Masykur Ainil Moslim, 2017, Pengaruh Customer Relationship
Management terhadap Loyalitas nasabah di BRISyariah KCP Pamekasan,Skripsi,
Perbankan Syariah, Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Fatati Nuryana
M.Si.
Kata Kunci : Customer Relationship Management, Loyalitas nasabah,
BRISyariah KCP Pamekasan.
Salah satu faktor atau dimensi yang cepat berubah dalam dunia
perbankan adalah customer (pelanggan). Dalam lingkungan bisnis sekarang
customer mendambakan perlakuan istimewa sebgai layaknya seorang tamu,
sebagai upaya untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, tiap perusahaan
memiliki strategi pemasaran yang berbeda, salah satu caranya adalah dengan
melakukan perancangan bagi penyesuaian hubungan bisnis antara perusahaan
dengan pelanggan melalui hubungan relasioanal (Customer Relationship
Manageent).
Secara faktual, manajemen pemasaran relasional yang terdapat di
BRISyariah masih terbilang kurang signifikan pengaruhnya dalam pandangan
masyarakat. Hal ini dikarenakan BRISyariah yang berdiri di Kabupaten
Pamekasan ini terbilang masih baru dibandingkan dengan perbankan lain yang
ada di wilayah Pamekasan. Permasalahan yang muncul adalah adakah pengaruh
CRM terhadap loyalitas nasabah dan variable apa (SDM, proses, teknologi) yang
dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah
BRISyariah KCP Pamekasan dengan menggunakan metode simple random
sampling serta penentuan jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin pada
tingkat kesalahan 10%. Teknik analisa adalah analisis regresi berganda.
Hasil perhitungan secara simultan diperoleh F hitung sebesar (40,570) >
F tabel sebesar (2,70) yang berarti menerima hipotesis ada pengaruh CRM terhadap
loyalitas nasabah. Sedangkan hasil uji parsial diperoleh untuk t hitung SDM (4,140),
proses (5,415), dan teknologi (4,140) masing-masing lebih besar dari t tabel (1,661)
yang berarti secara parsial baik SDM, proses, dan teknologi dinyatakan
signifikan. Sehingga variabel proses merupakan variabel yang paling dominan
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di BRISyariah KCP Pamekasan.
Berdasar pada penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan
bagi BRISyariah KCP Pamekasan yaitu dapat menjadi bahan pertimbangan baik
secara langsung maupun tidak langsung untuk mempertahankan loyalitas
nasabahnya, salah satu caranya dengan penerapan CRM secara benar dan tepat
Tidak tersedia versi lain