Text
, Pengaruh Perilaku Nasabah terhadap Sikap Customer Service di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan
ABSTRAK
Ulfatur Rahmah, 2016, Pengaruh Perilaku Nasabah terhadap Sikap Customer Service di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing : Farid Firmansyah, MM.
Kata Kunci: Perilaku Nasabah, Sikap Customer Service
BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan telah melayani para nasabah dengan sikap yang sopan santun, tepat waktu, lemah lembut, ramah tamah, dan selalu berlaku tenang. BPRS tersebut juga menjunjung tinggi sikap yang sopan, sabar dalam melayani nasabah dan memahami terhadap perilaku nasabah. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini: (1) Adakah pengaruh perilaku nasabah terhadap sikap Customer Service di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan? (2) Seberapa besar pengaruh perilaku nasabah terhadap sikap Customer Service di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: pertama, peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh perilaku nasabah terhadap sikap Customer Service di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan; kedua, peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh perilaku nasabah terhadap sikap Customer Service di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian termasuk kategori hubungan kausal. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Jenis data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya yaitu semua nasabah tahun 2015 di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perilaku nasabah terhadap sikap Customer Service di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil Uji-t menghasilkan nilai koefisien korelasi thitung = 16,291>ttabel = 1,9879 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, hasil uji statistik simultan (uji F) menunjukkan hasil yang sig.(0,000 Ftabel (265,401>3,95), hasil koefisien determinasi (R2) R square sebesar 0,736 (73,6%). Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh perilaku nasabah terhadap sikap Customer Service di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Sikap yang kurang baik dari nasabah berpengaruh terhadap hasil pelayanan yang diberikan oleh Customer Service. Sikap yang seharusnya diberikan kepada setiap nasabah membuat nasabah puas, senang dan dapat mempertahankan nasabah lama.
Tidak tersedia versi lain