Text
Pengaruh Promosi terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Deposito (Mudharabah Berjangka) di Baitul Maal Wattamwil (BMT) UGT Sidogiri Pamekasan,
ABSTRAK
Lilis Suryani, 2016, Pengaruh Promosi terhadap Minat Nasabah pada Produk Tabungan Deposito (Mudharabah Berjangka) di Baitul Maal Wattamwil (BMT) UGT Sidogiri Pamekasan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE, MM.,M.Si.
Kata Kunci: Promosi dan Minat Nasabah
Perkembangan lembaga keuangan syariah yang sangat pesat menjadikan tingkat persaingan yang semakin ketat. Padahal produk yang ditawarkan masing-masing lembaga tidak jauh berbeda. Oleh karena itu, pihak perbankan harus memiliki perbedaan tersendiri pada produknya dari para pesaing, sehingga nasabah memiliki alasan untuk menentukan pilihan dalam memilih suatu produk yang ditawarkan tersebut.
Berdasarkan latar belakang permasalahan dari penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui apakah promosi berpengaruh terhadap minat nasabah pada produk tabungan deposito (mudharabah berjangka) di BMT UGT Sidogiri Pamekasan; kedua, peneliti ingin mengetahui variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap minat nasabah pada produk tabungan deposito (mudharabah berjangka) di BMT UGT Sidogiri Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik analisis regresi linear berganda. Jenis data adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Respondennya adalah sejumlah nasabah yaitu sebanyak 177 nasabah BMT UGT Sidogiri Pamekasan yang menggunakan tabungan deposito (mudharabah berjangka). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel periklanan sebesar 0.686 atau 68,6%, sedangkan koefisien regresi variabel promosi penjualan sebesar 0,232 atau 23,3%. Dari hal ini menunjukkan bahwa variabel yang berkontribusi paling dominan terhadap minat nasabah pada produk tabungan deposito (mudharabah berjangka) di BMT UGT Sidogiri Pamekasan adalah variabel periklanan dengan kontribusi sebesar 68,6% serta pengaruh yang signifikan secara parsial (uji t) sebesar 12,260 atau 122,60%. Hasi analisis uji t dan uji F masing-masing variabel independen menunjukkan nilai koefisien korelasi thitung (12,260 dan 6,703) > ttabel sebesar 1,653 dengan taraf signifikansi sebesar (0,000 dan 0,000) lebih kecil dari 0,05, dan Fhitung = 304,721 > Ftabel = 3,90 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa promosi (periklanan dan promosi penjualan) secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh yang signifikan dan mempunyai kecenderungan dapat meningkatkan minat nasabah pada produk tabungan deposito (mudharabah berjangka) di Baitul Maal Wattamwil (BMT) UGT Sidogiri Pamekasan
Tidak tersedia versi lain