Text
PENERAPAN PERSONAL SELLING PADA PT. BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH SARANA PRIMA MANDIRI PAMEKASAN
ABSTRAK
Muhammad Hafid, 2017, Penerapan Personal Selling pada PT. Bank Pembiayaan
Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, JurusanEkonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Fadllan,
M.A.
Kata Kunci: Penerapan, Personal Selling Bank Pembiayaan Rakyat Sayariah
Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Persaingan dalam dunia perbankan yang cukup ketat membuat BPRS SPM
berupaya memaksimalkan potensi dari sales person untuk dapat membuat
masyarakat tertarik pada produk yang di-tawarkan. Dengan Personal Selling
konsumen dapat menerima informasi secara langsung dari tenaga penjual,
sehingga konsumen dapat dengan jelas mengetahui sampai rinci informasi tentang
produk yang ditawarkan.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan personal selling
pada PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan?
bagaimana strategi dalam mengatasi kendala yang dihadapi PT. Bank Pembiayaan
Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam penerapan personal
selling? dan apakah Penerapan Personal Selling pada PT. Bank Pembiayaan
Rakyat Syariah Sarana Prima Mandiri Pamekasan sudah sesuai dengan syariat
Islam?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kabag, kasi, dan salesmarketing, AO Lendingdan Funding,
dan Nasabah BPRS SPM. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan personal selling pada
BPRS SPM Pamekasan melalui langkah-langkah;Pertama, mengidentifikasi calon
nasabah; Kedua, melakukan pendekatan dengan calon nasabah; Ketiga, presentasikepada calon nasabah; Keempat, mengatasi keberatan; Kelima, penutupan;
Keenam, tindak lanjut atau followup. Strategi dalam mengatasi kendala dalam
penerapan personal selling pada BPRS SPM Pamekasan adalah; pertama, dengan
memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan oleh OJK berupa unit kendaraan yang
dikenal dengan sebutan “Si Molek” yaitu mobil literasi edukasi dan keuangan;
Kedua, dengan menggunakan strategi ketok tular yakni strategi saling
memengaruhi dimana tenaga penjualbisa mempengaruhi satu atau dua calon
nasabah kemudian dari dua calon nasabah tersebut akan mempengaruhi calon
nasabah yang lain. Dan kegiatan promosi yang dilakukan oleh BPRS SPM
Pamekasan sudah sesuai dengan syariat Islam karena para tenaga penjual BPRS
SPM Pamekasan sangat berhati-hati, sangat mengedepankan nilai-nilai moral dan
etika, sangat memperhatikan penampilan yang bersih, rapi dan bersahaja, dan
tidak mempedulikan ras, warna kulit, kebangsaan, dan status.
Tidak tersedia versi lain