Text
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA DI MTS NEGERI SUMBER BUNGUR PAKONG PAMEKASAN
Suhartatik, 2017, Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Siswa
Kelas Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) di MTs Negeri Sumber Bungur
Pakong Pamekasan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan
Tarbiyah, Pembimbing: Dr. H. Moh. Muchlis Solichin, M. Ag
Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Siswa, Kelas PDCI (Akselerasi)
Proses belajar di sekolah adalah proses yang sifatnya kompleks dan
menyeluruh. Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang
tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang
tinggi, karena inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam
belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan hasil belajar yang optimal.
Kenyataannya, dalam proses belajar mengajar di sekolah sering ditemukan
siswa yang tidak dapat meraih prestasi belajar yang setara dengan kemampuan
inteligensinya. Ada siswa yang mempunyai kemampuan inteligensi tinggi tetapi
memperoleh hasil belajar yang relatif rendah, namun ada siswa walaupun
kemampuan inteligensinya relatif rendah, dapat meraih hasil belajar yang relatif
tinggi. Itu sebabnya taraf inteligensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang
menentukan keberhasilan seseorang, karena ada faktor lain yang mempengaruhi.
Salah satunya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) yakni
kemampuan memotivasi diri sendiri, mengelola emosi, mengenali emosi diri,
berempati, serta membina hubungan dengan orang lain.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Adakah pengaruh kecerdasan emosional
terhadap hasil belajar siswa kelas peserta didik cerdas istimewa di MTs Negeri
Sumber Bungur Pamekasan; kedua, seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional
terhadap hasil belajar siswa kelas peserta didik cerdas istimewa di MTs Negeri
Sumber Bungur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
korelasional. Sumber data diperoleh melalui angket, wawancara, observasi,
dokumentasi. Sumber data berupa siswa, guru. Dan populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas PDCI di MTs Negeri Sumber Bungur tahun pelajaran 2016/2017
yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data
adalah pedoman angket sebagai instrumen primer/utama, dan observasi, wawancara,
dokumentasi sebagai instrumen sekunder/pelengkap. Pengumpulan data berlangsung
selama 16 hari, mulai tanggal 24 maret sampai 08 April 2017. Teknik analisis data
yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh
terhadap hasil belajar siswa kelas PDCI di MTs Negeri Sumber Bungur Pamekasan
dan pengaruhnya cukup signifikan. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang
menunjukkan bahwa “r” kerja 0,684 lebih besar dari harga kritik product moment,
baik pada interval kepercayaan 95% (0,381) maupun pada interval kepercayaan 99%
(0,487). Dan setelah nilai “r” kerja dikonsultasikan dengan interpretasi “r” product
moment, berada pada interval 0,40 – 0, 70 dengan interpretasi sedang atau cukup.
Tidak tersedia versi lain