Text
KINERJA GURU DALAM MEMBINA AKHLAQ MULIA BAGI SISWA MTS MIFTAHUL ULUM MADUKAWAN PEGANTENAN PAMEKASAN
ABSTRAK
Moh Rofii 2017. “Kinerja Guru Dalam Membina Akhlaq Mulia Siswa MTs.
Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan Pamekasan”. Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Pamekasan, Dosen Pembimbing:
Dr.H. Taufiqurrahman, M.Pd.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Pembinaan Akhlaq
Guru merupakan salah satu komponen paling menentukan dalam sistem
pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian dari semua pihak
Peranan Guru sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses dan hasil
pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu upaya perbaikan apapun yang
dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan
sumbangan yang signifikan tanpa di dukung oleh seorang guru yang profesional
dan berkualitas. Kualitas Kinerja guru sangatlah menentukan keberhasilan peserta
didik karena guru merupakan pihak yang paling sering berinteraksi dengan siswa
dalam proses belajar mengajar.
Kinerja guru pada dasarnya merupakan kinerja yang dilakukan oleh guru
dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik yang mana kualitas kinerja guru
akan jadi penetu dari apa yang telah guru tersebut lakukan, karena guru adalah
sosok yang paling sering dalam berinteraksi dengan sisiwa.
Akhlak merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan
manusia karean akhlak adalah hal yang menjadi pembeda antara manusia
dengan makhluk lain yang ada dimuka bumi ini. Karena dengan akhlak kita akan
bisa membedakan mana yang baik dan buruk.
Ada tiga permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam penelitian ini,
Pertama, Bagaimana Pola Kinerja Guru dalam Pembinaan Akhlaq Mulia Bagi
Siswa MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan . Kedua, Apa saja elemen
pendukung bagi guru dalam Pembinaan Akhlaq Mulia Bagi Siswa MTs Miftahul
Ulum Madukawan Pegantenan . Ketiga, Apa saja elemen penghambat Pembinaan
Akhlaq Mulia Bagi Siswa MTs Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
fenomenologis. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah guru, siswa dan kepala Madrasah. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan peneliti dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Guru yang ada di MTs.
Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan, mempunyai cara atau bentuk-bentuk
kegiatan yang berbeda-beda dalam membina akhlaq siswa akan tetapi kinerja
tersebut tetap bertumpu pada Visi dan Misa madrasah. Kedua, Setiap guru di
MTs. Miftahul Ulum Madukawan Pegantenan dalam proses belajar mengajar
pasti menemukan faktor yang menjadi pendukung dalam membinan akhlak siswa,
faktor pendukung tersebut dijadikan umpan untuk menjadikan siswa lebih
bersemangat lagi dalam belajar dan memperbaiki akhlaknya.. Ketiga, Kendala
yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak siswa di MTs Miftahul Ulum
Madukawan Pegantenan bermacam-macam meliputi kurangnya komunikasi antar
orang tua dan guru, Siswa acuh tak acuh ada yang mendengarkan dan ada pula
yang tidak. Serta kemampuan siswa yang bermacam-macam.
11
Tidak tersedia versi lain