Text
Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah (MA) Al- Falah Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang.
ROBIATUL ADAWIYAH, 2016, Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap
Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Aliyah (MA) Al-
Falah Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang, Skripsi,
Program studi Pendidikan Agama Islam, JurusanTarbiyah,Sekolah Tinggi Agama
Islam Pembimbing: Dr. Abd. Mukhid, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pemahaman, Pelajaran Fiqih
Metode Demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan
memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi
atau benda atau hanya sekedar tiruan. Dalam metode demonstrasi ada tiga
indikator 1) alat peraga 2) keterampilan guru, 3) media yang relevan. Metode
demonstasi sangatlah penting dalam proses pembelajaran, tentulah metode sangat
berperan dalam keberhasilan seorang guru.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua rumusan masalah yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, Adakah pengaruh metode
demonstrasi terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah
Aliyah (MA) Al-Falah Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten
Sampang?; kedua, Seberapa besar pengaruh metode demonstrasi terhadap
pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah (MA) Al-Falah
Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dalam
penggunaan analisis datanya menggunakan rumus korelasi product moment,
mengorelasikan antara variabel X (Metode Demonstrasi) dengan variabel Y
(Pemahaman siswa Mata Pelajaran Fiqih).Sumber data yang diperoleh melalui,
dokumentasi, observasi, Tes dan angket.Hasil dari angket tersebutlah yang akan
dijadikan sebagai data utama untuk mengetahui dan membuktikan ada tidaknya
pengaruh metode demonstrasi terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran
fiqih di Madrasah Aliyah (MA) Al-Falah Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan
Jrengik Kabupaten Sampang. Untuk dokumentasinya dengan melihat dokumen
seperti RPP, data siswa, data guru.Adapun angketnya disebarkan kepada kelas X
MA
Al-Falah
Al-Islami
sebagai
respondennya,
karenasiswa
di
sinisebagaiinforman primer, denganmenggunakansampeljenuh. Dari hasil angket
tersebut maka dilakukan pengkorelasian antara varibel X dengan variabel Y
dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Metode Demonstrasi
sangat mempengaruhi pada pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih Madrasah
Aliyah (MA) Al-Falah Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten
Sampang, hal itu bisa dilihat dari harga ‘r’ kerja lebih besar dari harga kritik yang
tertera dalam tabel, yaitu“r” kerja = 0.439>“r” tabel = 0,430. Hal ini
menunjukkan bahwa .Dengan demikian berarti hipotesis kerja yang menyatakan
Ada Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Pemahaman siswa pada mata
pelajaran fiqih “diterima”. Sedangkan hipotesis yang menyatakan Tidak Ada
Pengaruh Metode demonstarsi terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran
fiqih Madrasah Aliyah (MA) Al-Falah Al-Islami Desa Bancelok KecamatanJrengik Kabupaten Sampang“ditolak”. kedua, Pengaruh Metode demonstarsi
terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih Madrasah Aliyah (MA) Al-
Falah Al-Islami Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang, masuk
dalam kategori “agak rendah”, hal itu bisa dilihat dari “r” kerjanya dengan angka
0.439 berada pada rentang 0,400 sampai dengan 0,600, dan rentang angka
tersebut pada tabel Interpretasi Korelasi Product Moment, menunjukkan
korelasinya adalah “agak rendah”.
Agar Pemahaman siswa mengalami perkembangan yang semakin
membaik, maka perlu ditingkatkan lagi Metode-metodenya terutama metode
demonstrasi,karena dengan metode siswa akan lebih bisa memahami materi
pelajaran dengan mudah.
Tidak tersedia versi lain