Text
DAMPAK KEKERASAN DALAM PENDIDIKAN TERHADAP MENTAL SISWA DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM SUMBERJATI BUNGBARUH KADUR PAMEKASAN
Siti Suhartatik, 2016, Dampak Kekerasan Dalam Pendidikan Terhadap Mental Siswa Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberjati Bungbaruh Kadur pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Achmad Muhlis, M.A.
Kata Kunci : Kekerasan Dalam Pendidikan, Mental Siswa.
Kekerasan dalam dunia pendidikan pada kenyataannya banyak terjadi di lembaga-lembaga pendidikan baik secara fisik maupun psikis. Kekerasan dalam pendidikan tidak hanya dilakukan oleh seorang guru bahkan sesama siswapun kerap terjadi. Secara psikologis merujuk pada kenyataan bahwa anak mempunyai keragaman dan perbedaan individual sehingga seorang guru dituntut untuk menyadari hal itu dan juga seorang guru diharapkan dapat mengarahkan dan membimbingnya. Proses belajar anak didik memberikan pemecahan terhadap masalah-masalah yang dihadapi oleh anak didik. Maka dari itu kekerasan tidak lagi menjadi solusi agar siswa tertarik belajar melainkan hanya berdampak negatif bagi proses belajar, karena siswa yang mendapat perilaku kekerasan akan terganggu mentalnya sehingga siswa tersebut akan rentang untuk meniru.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, Adakah dampak kekerasan dalam pendidikan terhadap mental siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberjati Bungbaruh Kadur Pamekasan. Kedua, Seberapa besar dampak kekerasan dalam pendidikan terhadap mental siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberjati Bungbaruh Kadur Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistik dengan tekhnik product moment yang sifatnya adalah korelasi, yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain, dalam hal ini adalah mencari dampak kekerasan dalam pendidikan terhadap mental siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/siswi Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberjati Bungbaruh Kadur Pamekasan yang berjumlah 101 siswa, karena populasi ini lebih dari 100 maka pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan pengambilan sampel, dengan cara stratified random sampling karena terdiri dari tingkatan-tingkatan atau strata, dengan mengambil 30% dari 101 siswa yaitu 30 siswa . Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket sedangkan observasi, wawancara dan dokumentasi adalah sebagai instrumen penunjang. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 12 November 2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekerasan dalam pendidikan terhadap mental siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberjati Bungbaruh Kadur Pamekasan dampaknya cukup signifikan. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar dampak kekerasan dalam pendidikan terhadap mental siswa di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Sumberjati Bungbaruh Kadur Pamekasan, yaitu sebesar 0,474. Hal ini apabila dikorelasikan dengan “r” tabel maka nilai 0,474 berada pada interval 0,40-0,70 dengan interpretasi sedang atau cukup
Tidak tersedia versi lain