Text
Strategi Bauran pemasaran pada Produk Tabungan Tarbiyah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan
BSTRAK
Dwi Aprilia Anggraini, 2017, “Strategi Bauran pemasaran pada Produk Tabungan Tarbiyah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan”. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. H. Nashar, SE. MM., M.Si
Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Produk Tabungan Tarbiyah, PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan
PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan merupakan lembaga keuangan yang berbasis Syariah. Produk-produk tabungan yang ada di PT. BPRS SPM Pamekasan ini menggunakan strategi bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion) yang sering disebut dengan istilah Marketing mix pada perusahaan jasa berkembang lagi menjadi 7P yakni ditambah dengan people, physical evidence, dan proces masing-masing merupkan bagian dari elemen Marketing mix ini tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya semuanya saling terkait.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi bauran pemasaran pada produk tabungan tarbiyah di PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan dan bagaimana upaya yang dilakukan PT. BPRS SPM Pamekasan untuk meningkatkan jumlah nasabah pada produk tabungan tarbiyah. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan hasil penelitian yang akurat. Adapun Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh saat melakukan penelitian kemudian diolah dalam bentuk kata-kata atau teks yang kemudian dituangkan dalam bentuk deskripsi atau narasi. Subyek dalam penelitian ini adalah General Marketing. Acount Officer funding dan nasabah Funding PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan. Sedangkan obyek dalam penelitian adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran pada produk tabungan tarbiyah di PT. BPRS SPM Pamekasan.
Berdasarkn hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan dalam melakukan strategi bauran pemasaran 4P saja, yakni product, price, place, dan promotion. Selain itu PT. BPRS Sarana Prima Mandiri (SPM) Pamekasan juga menggunakan strategi pemasaran mulut ke mulut atau sering disebut juga dengan sosialisasi ke lembaga pendidikan atau yayasan
Tidak tersedia versi lain