Text
trategi Pemasaran, dalam meningkatkan volume penjualan produk tabungan syariah di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang PembantuPrenduan Kecaman Pragaan
ABSTRAK
Fakhrur Rozi, 2017, Strategi Pemasaran, dalam meningkatkan volume
penjualan produk tabungan syariah di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Baitul
Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang PembantuPrenduan
Kecaman Pragaan, Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Jurusan
EkonomidanBisnis Islam, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Dr. Sri Handayani
M.M
Kata Kunci: StrategiPemasaran, produktabungan, KSPS BMT UGT
Sidogiri
Era globalisasi ini, dunia bisnis mengalami persaingan yang sangat ketat
dalam segala sektor yang bergerak di bidang produksi, maupun yang bergerak
dalam bidang pelayanan jasa seperti halnya lembaga keuangan. Menghadapi
persaingan bisnis yang semakin ketat ini diperlukan adanya strategi yang baik
dalam mengelola sumber daya yang harus dijalankan seperti modal, material dan
mesin. Mengelola semua sumber daya tersebut diperlukan adanya sumber daya
manusia, yakni para karyawan. Sumber daya manusialah yang akan menentukan
bagus tidaknya suatu oganisasi, karena sumber daya manusia memiliki akal, budi
dan kemampuan untuk mengelola sumber daya yang lain.
Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka adaduafokus penelitian,
diantaranya adalah sebagai berikut:apasaja strategi pemasaran dalam
meningkatkan volume penjualan produk tabungan syariah di Koperasi Simpan
Pinjam Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri
Cabang PembantuPrenduan Kecaman Pragaan?Bagaimana respon nasabah
terhadap strategi pemasarandalam meningkat volume penjualan produk tabungan
syariah di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha
Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang PembantuPrenduan Kecaman Pragaan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalahKepala, Teller,AccountOfficer, dan Nasabah KSPS BMT
UGT SidogiriCapemPrenduanKecamatanPragaan. Pengecekan keabsahan data
dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan
pengamatan, dan uraian rinci.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapanstrategi
pemasarandalammeningkatkan
volume
penjualanproduktabungansyariahdi
Koperasi Simpan Pinjam Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Usaha Gabungan
Terpadu Sidogiri Cabang PembantuPrenduan Kecaman Pragaanadalah
dengancarastrategi jemput bola, yang mana strategi jemput bola ini Account
Officer
terjun langsung kepada masyarakat,membagikanbrosur yang
sudahada,menjelaskantentangproduk-produk
yang
ditawarkan,
danmemberitahukanbahwasanya
di
Koperasi
BMT
UGT
SidogiriCapemLentengKecamatanPragaanmemberikansebuahbingkisansetiaptahu
nnya.Nasabahmerasanyamandansenang dengan adanya strategi jemput bola,
karena dengan adanya strategi jemput bola tersebutnasabahmerasa
terbantuterutamabagipedagang.
Tidak tersedia versi lain