Text
Penerapan Metode Pembelajaran Bermain, Cerita Menyanyi Dalam Membentuk Karakter yang Islami di PAUD al-Barokah Desa Kramat Tlanakan Pamekasan.
Sunniyah, 2016, Penerapan Metode Pembelajaran Bermain, Cerita Menyanyi
Dalam Membentuk Karakter yang Islami di PAUD al-Barokah Desa Kramat
Tlanakan Pamekasan, Program studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Dr,
Siswanto, M.Pd.I
Kata kunci: Penerapan, Metode BCM, Karakter Islami
Peneliti
dapat
mendiskripsikan
mengenai
permasalahan
yang
melatarbelakangi penerapan metode pembelajaran BCM dalam membentuk
karakter yang Islami di PAUD al-Barokah. Pertama, guru PAUD Al-Barokah
memberikan anggapan, tanpa disadari melalui metode BCM anak sangat
menikmati pelajaran, dapat memahami dengan cepat pelajaran tentang keislaman,
dan guru-guru di sini merasa tidak terbebani dalam menghadapi nakalnya peserta
didik. Kedua, Alhamdulilah dengan diterapkannya metode bermain sambil
belajar, cerita sambil belajar dan menyanyi sambil belajar, mempermudah guru
PAUD dan peserta didik lebih konsentrasi. Karena supaya anak cepat memahami
pelajaran yang di ajarkan, dibutuhkan konsentrasi anak didik.
Dari data di atas terdapat tiga kajian pokok permasalahan.
Pertama,Bagaimana landasan filosofis penerapan metode pembelajaran BCM
dalam membentuk karakter yang Islami di PAUD Al-Barokah. Kedua, bagaimana
bentuk penerapan metode pembelajaran BCM dalam membentuk karakter yang
Islami di PAUD Al-Barokah. ketiga, apa yang menjadi pendukung dan
penghambat dalam proses penerapan metode pembelajaran BCM di PAUD al-
Barokah desa Kramat.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian diskriptif. Sumber data penelitian ini, data manusia (Kepala PAUD dan
Guru PAUD) dan non manusia (rencana kegiatan harian, foto program kegiatan
sekolah, data nilai siswa, dan data siswa). Prosedur pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Melihat anak desa Kramat yang
sangat gemar bermain, cerita dan menyanyi, oleh karena itu metode BCM ini
sangat efektif dan cocok untuk pembelajaran anak usia dini khususnya di PAUD
al-Barokah desa Kramat. 2), Bentuk penerapan metode BCM yang dilakukan
guru-guru PAUD kepada peserta didik bermacam-macam dengan mencocokkan
antara materi yang akan sampaikan dengan metode BCM. 3), faktor pendukung
dalam penerapan BCM di PAUD al-Barokah: Adanya kerja sama antara guru
dengan orang tua peserta didik, Lingkungan di sekitar PAUD al-Barokah yang
kondusif,. Adapun kendala dalam penerapan BCM di PAUD al-Barokah yaitu
Sarana dan prasarana yang kurang memadai, umur peserta didik yang masih
dibawah 6 tahun , karakter peserta didik yang berbeda.
Tidak tersedia versi lain