Text
PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH DI PAUD CERIA DESA TANGGUMONG KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN SAMPANG
Qurrotul Aini, 2017. Penggunaan Media Papan Flanel dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah di PAUD Ceria Desa Tanggumong
Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Dosen Pembimbing: Dr. H. Moh.
Muchlis Solichin, M. Ag.
Kata Kunci: Media Papan Flanel, Kemampuan Membaca
Penggunaan media papan flanel, siswa lebih aktif dalam belajar selain itu
tingkat partisipasi siwa dalam belajar lebih meningkat dibanding sebelum
menggunakan media sehingga media menjadi perantara dan penyeimbang antara
minat belajar siswa dan kemampuan guru dalam memilih media-media yang
sesuai dengan materi pelajaran, akibatnya dalam proses kegiatan belajar mengajar
berjalan dengan kondusif karena tingkat pemahaman siswa khususnya dalam
memahami bacaan huruf hijaiyah semakin meningkat.
Dalam penelitian ini, fokus penelitiannya adalah pertama, Bagaimana
penggunaan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan membaca
huruf hijaiyah di PAUD Ceria Desa Tanggumong Sampang, kedua, Bagaimana
faktor-faktor penggunaan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuan
membaca huruf hijaiyah di PAUD Ceria Desa Tanggumong Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah dan guru PAUD Ceria. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan,
ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama penggunaan media papan
flanel di PAUD Ceria Desa Tanggumong Sampang yaitu guru menggunakan
media papan flanel dalam bentuk sederhana, media papan flanel dikemas dalam
bentuk beberapa variasi, penggunaan media papan flanel dalam bentuk membaca
dengan disertai gambar, penggunaan media papan flanel dalam bentuk pengenalan
bacaan, penggunaan media papan flanel dalam bentuk membaca dengan lancar.
Kedua Faktor-faktor penggunaan media papan flanel di PAUD Ceria Desa
Tanggumong Sampang yaitu a) Faktor pendukung penggunaan media papan flanel
yaitu guru menggunakan media papan flanel dalam bentuk sederhana, dikemas
dalam bentuk beberapa variasi, media papan flanel disertai dengan gambar, media
papan flanel dibentuk pengenalan bacaan, media papan flanel dibentuk membaca
dengan lancar. b) Faktor penghambat penggunaan media papan flanel yaitu
adanya dana yang harus dikeluarkan, tidak mampu menahan bahan-bahan yang
berat dan bahan yang ditempel tidak kuat menahan angin.
Saran-saran diberikan guna lebih menyempurnakan penggunaan media
papan flanel di PAUD Ceria Desa Tanggumong Sampang yaitu hendaknya guru
menciptakan suasana belajar yang lebih kreatif dan menyenangkan sehingga siswa
lebih leluasa dalam bereksplorasi dan mengeluarkan kemampuannya dan guru
hendaknya lebh kreatif dalam membuat bahan-bahan yang ringan yang dapat
ditempelkan di kain flanel sehingga tidak mudah jatuh ketika kegKepala iatan
belajar mengajar sedang berlangsung.
v
Tidak tersedia versi lain