Text
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI AKIDAH DI MTs ARRAHMAN JADDUNG PRAGAAN SUMENEP
Moh. Anwar, 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Akidah Akhlak di MTs Arrahmah Jaddung Pragaan Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing: Drs. H. Saiful Arif, M.Pd
Kata kunci : Metode Pembelajaran Make A Match dan Prestasi Belajar Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok penelitian ini, pertama; pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak di MTs Arrahmah Jaddung Pragaan Sumenep. Kedua; seberapa besar pengaruh metode pembelajaran make a match terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi akidah akhlak di MTs Arrahmah Jaddung Pragaan Sumenep.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik, yaitu mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y. Yang termasuk variabel X adalah metode pembelajaran make a match, sedangkan variabel Y adalah prestasi belajar siswa.
Populasi penelitian adalah semua siswa di MTs Arrahmah Jaddung Pragaan Sumenep, yang berjumlah 58 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi dan dukumentasi. Pengumpulan data mulai tanggal 14 Maret 2017 sampai 17 April 2017, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan teknik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada Pengaruh Metode Pembelajaran Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Akidah Akhlak di MTs Arrahmah Jaddung Pragaan Semenep. Hal ini terbukti bahwa nilai “r” kerja 0,670 lebih besar dari pada nilai “r” tabel product moment, dimana pada interval kepercayaan 95% adalah 0,254 dan 99% adalah 0,330 lebih tinggi dari harga kritik product moment. Maka, konsultasikan korelasi product moment, yang menyatakan bahwa harga “r” kerja (0,670) berada dalam rentang antara 0,600 sampai dengan 0,800 dengan demikian dapat ditegaskan bahwa kedua variabel diatas terdapat korelasi yang cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka kepada bapak kapala dan para guru yang sudah menggunakan metode pembelajaran make a match untuk terus mengembangkan secara lebih profesional agar membuahkan hasil yang optimal dan maksimal. Dan seluruh siswa seharusnya mendukung, antusias dan lebih kompak agar dengan metode pembelajaran make a match yang dipraktekan di madrasah dapat berkembang secara maksimal dan optimal.
Tidak tersedia versi lain